Pemkot Jayapura Berupaya Lestarikan Sagu

share on:

Ilustrasi. Anak Papua ketika mengolah sagu untuk dimakan - Jubi/IST
Ilustrasi. Anak Papua ketika mengolah sagu untuk dimakan – Jubi/IST
Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pertanian berupaya melestarikan sagu sebagai pangan lokal.

Kepala Dinas Pertanian Kota Jayapura Jean Hendrik Rollo mengatakan perkebunan sagu dipusatkan di kawasan Koya Koso, Skouw Yambe, Skouw Mabo dan Mosso, Distrik Muara Tami.

Menurut dia pemerintah berupaya melakukan penanaman kembali bibit sagu untuk dikembangkan.

“Hutan sagu itu sedikit sehingga kita mulai dengan kegitan penanaman, dalam setiap rumpun itu. Anakannya harus dikurangi, kita siapkan untuk produksi nantinya lebih baik dalam satu rumpun itu 5-6 anakan lebih dari itu kita bongkar,” katanya di Kota Jayapura, Rabu (14/9/2016).

Ia melanjutkan, “Yang kita bongkar itu kita tata untuk jalur tanam baru, sehingga pola penataan sagu dan penjarangan anak dari kawasan yang ditata itu bisa diintegrasikan dengan komoditas lain.”

Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Kota Jayapura seperti dilansir Antara, Sabtu (16/4/2016) mengatakan bahwa industri sagu yang kini sedang berkembang di Skouw Sae merupakan binaan pihaknya.

“Selain melakukan pembinaan untuk masyarakat, kami sudah memberikan bantuan peralatan berupa mesin penggiling sagu dan 10 orang pendamping dan mereka akan dilatih sampai berhasil,” katanya.

Ia mengatakan keberhasilan suatu program bisa dilihat dari parameter-parameter yang sudah dilakukan pendampingan pihaknya. “Jangan bilang berhasil kalau belum bisa mengembangkan suatu produk itu,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Jayapura Berupaya Lestarikan Sagu