Peter Thomson dari Fiji Dilantik Jadi Presiden SU PBB

share on:

New York, Jubi – Peter Thomson dari Fiji dilantik menjadi presiden Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa ke-71. Dalam pidato perdananya, Peter mengatakan bahwa dalam satu tahun mendatang ia akan fokus mewujudkan target-target pembangunan berkelanjutan (SDG).

Peter Thomson. -- UN Photo via RNZI
Peter Thomson. — UN Photo via RNZI

Ia mengaku telah menunjuk sebuah tim untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, yang antara lain adalah mengurangi kemiskinan, kesenjangan dan mengatasi dampak perubahan iklim.

Selain itu, ia juga bertekad memperkuat hubungan antar badan atau lembaga PBB, mencari jalan keluar konflik, mengatasi gelombang migran, dan mengakhiri krisis kemanusiaan.

Peter terpilih menjadi presiden SU PBB ke-71 (2016-2017) melalui mekanisme voting pada Juni lalu. Ia mengalahkan kandidat lain dari Siprus, Andrea Mavroyiannis dengan raihan suara 94 untuk Peter sementara Andrea 90. Peter menggantikan posisi presiden sebelumnya yaitu Mogens Lykketoft dari Denmark. Peter telah menjadi perwakilan Fiji di PBB sejak tahun 2010.

Untuk menunjukkan komitmennya mengimplementasikan SDGs, Peter mengajak dua cucunya yang masing-masing berusia 7 dan 5 tahun ke podium Sidang Umum PBB. “Mereka akan menjadi dua perempuan dewasa pada tahun 2030,” katanya.

Tahun 2030 adalah batas waktu pemenuhan target-target SDGs yang ditentukan PBB. Ia lalu bertanya kepada hadirin, dunia macam apakah yang akan kita tinggalkan bagi kedua cucunya tersebut?

“Bisa jadi dunia yang telah musnah keanekaragaman hayatinya, dunia yang tingkat karbondioksida di atmosfernya sangat tinggi hingga melewati batas? Atau dunia yang memiliki pola distribusi dan  konsumsi pangan dan energi yang tidak terkendali; dimana kemiskinan, kesenjangan, dan pemerintahan yang korup telah membuat rakyatnya menderita, dipaksa untuk mengungsi?” ujarnya.

Ia menyatakan jika kita masih punya rasa kemanusiaan dan bekerja sepenuh hati dari sekarang, maka kita bisa memperbaiki dunia untuk anak cucu kita.

Pidato perdana Peter di SU PBB ini disebut-sebut telah mengangkat citra Fiji di dunia internasional. Media nasional menyebutnya sebagai kebanggaan Fiji dan negara-negara kecil berkembang Pasifik lainnya. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : radionz.co.nz
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Peter Thomson dari Fiji Dilantik Jadi Presiden SU PBB