Sekda Buka Diklat PIM III Pemkab se Papua

share on:
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Didampingi Staf Menyerahkan Id Card Kepada Peserta Diklat - Jubi/Alex
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Didampingi Staf Menyerahkan Id Card Kepada Peserta Diklat – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat Pim) III angkatan III di lingkungan pemerintah kabupaten se Papua, Rabu (14/9/2016), yang berlangsung di Aula Badan Diklat Provinsi Papua, Kotaraja, Kota Jayapura.

Dalam arahannya, Sekda Hery mengatakan keberadaan aparatur sipil negara (ASN/PNS) memegang peranan penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, karena pegawai yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas serta memiliki kompetensi dan komitmen yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan kepada negara, bermoral serta sadar akan tanggungjawab sebagai pelayan publik,” katanya.

Ia tekankan, dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III memiliki peranan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi misi instansi kedalam program program serta memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan secara efektif.

Menyikapi itu, Pemerintah Provinsi Papua memandang perlu penyelengaraan berbagai program pembinaan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi aparatur diantaranya melalui program diklat kepemimpinan terhadap pejabat struktural eselon III.

“Diklat kepemimpinan adalah diklat yang memberikan wawasan, meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur, sehingga mencapai persyaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu,” ucapnya.

Heri katakan, agenda pembelajaran diklat kepemimpinan tigkat III dirancang untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan birokrasi di sektor publik terutama dalam menyumbangkan inovasi dan perubahan di instansi masing masing.

“Pemprov Papua perlu siapkan sumber daya manusia yang mempunyai wawasan luas dan pola pikir yang dinamis serta bertanggungjawab terhadap amanah yang di emban oleh masing masing SKPD. Hal ini diharapkan dapat terwujud,” kata Hery.

Dia menambahkan diklat ini tidak hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan jabatan melainkan harus menghasilkan perubahan sikap dan perilaku etika ASN, serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam menjalankan tugas organisasi dan diharapkan menjadi agen pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sekda Buka Diklat PIM III Pemkab se Papua