Stok Beras Bulog Capai 38 Ribu Ton

share on:
Ilustrasi stok beras - kedaide.com
Ilustrasi stok beras – kedaide.com

Jayapura, Jubi – Stok beras di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Papua-Papua Barat masih mencukupi hingga tiga bulan ke depan.

Setidaknya, masih ada 38 ribu ton stok beras, tak hanya di gudang Bulog tetapi juga masih dalam proses pengiriman, baik PSO (Public Service Obligation) maupun beras komersil.

“Stok beras Bulog masih aman,” ungkap Kepala Bidang Operasi Pelayanan Publik, Ibrahiem Wairoy kepada tabloidjubi.com di Jayapura, Rabu (13/9/2016).

Ia merasa tidak ada masalah dengan sektor ketahanan pangan. Tiga bulan ini stok beras masih cukup banyak.

“Alhamdulillah tidak ada masalah, apalagi ini akan bertambah pasokannya, tak hanya dari Merauke tetapi juga dari daerah lain, sehingga stok beras dipastikan aman,” lanjutnya.

Ibrahiem merinci, dari 38.000 ton stok di gudang Bulog Jayapura, secara fisik sebanyak 1.507 ton dan dalam perjalanan dari Merauke atau Surabaya

sebanyak 3.127 ton. Ditambah ketersedian beras komersil di gudang sebanyak 45 ton.

“Untuk Jayapura, stok kita PSO dan komersil 4.429 ton, sedangkan untuk Papua ketersediaan di gudang seluruh Papua baik PSO ataupun komersil 38.958 ton atau ketersedian ini minimal stok untuk tiga bulan ke depan,” ujarnya.

Ia mengakui kapasitas gudang tidak sebanding dengan kebutuhan pendistribusiannya, karena banyak gudang yang berkapasitas sedikit, tapi kebutuhan penyalurannya besar, misalnya di Wamena dan Kota Jayapura, sehingga mobilitas gudang Bulog cukup tinggi.

“Akibatnya kami maksimalkan gudang-gudang Bulog untuk bisa menampung, jika ada keadaan daerah yang SOS (darurat-red) kita bisa mobile stok tersebut ke daerah yang membutuhkan,” katanya.(*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Stok Beras Bulog Capai 38 Ribu Ton