Stop Jadikan Papua dan Orang Asli Papua Lahan Proyek

share on:
Ilustrasi peta Papua dan Papua Barat - Jubi/IST
Ilustrasi peta Papua dan Papua Barat – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Legislator Papua, Deerd Tabuni meminta kepada semua pihak tak menjadikan Papua dan orang asli Papua sebagai lahan proyek dengan isu keamanan.

Ia mengatakan, orang asli Papua juga punya harga diri dan identitas. Harga diri orang Papua mahal. Jangan menjadikan Papua dan manusia Papua sebagai objek bisnis.

“Kami sampaikan kepada pemerintah pusat, Papua aman. Tak ada gesekan. Jangan lagi membicarakan OPM atau Papua merdeka. Papua dan orang asli Papua jangan dijadikan proyek untuk mencari uang kepentingan kelompok atau oknum tertentu. Jangan tutup mata melihat Papua,” kata Deerd Tabuni, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, jika ada pihak yang berupaya membuat situasi Papua tak aman, harus ditindak sesuai hukum yang berlaku. Meskipun dia seorang pejabat, jangan dilindungi.

“Kalau dia ikut merusak tatanan dalam negara ini harus ditindak sesuai hukum. Jangan mengorbankan orang lain untuk kepentingan tertentu. TNI/Polri juga harus melihat kondisinya dan bagaimana menjaga NKRI,” ucapnya.

Katanya, mengenai Papua Merdeka hanya Tuhan yang tahu. Kalau ingin menyelesaikan masalah Papua, harus dengan cara komperhensip difasilitasi pihak ketiga yang netral.

“Jangan selalu mengisukan wilayah pegunungan Papua seperti ini atau itu. Papua ini masuk NKRI lewat konferensi PBB dan semua pihak harus bicara mencari solusinya. Bukan dengan cara-cara tak benar,” katanya.

Terpisah legislator Papua, Laurenzus Kadepa mengatakan, ia khawatir berbagai dinamika yang terjadi di Papua selama ini akan terus mengorbankan masyarakat sipil.

“Saya khawatir masyarakat sipil akan terus dijadikan korban dengan alasan NKRI harga mati atau Papua Merdeka. Selama ini sudah banyak masyarakat sipil yang jadi korban. Jangan lagi ada pertumpahan darah di atas tanah ini,” kata Kadepa.

Menurutnya, menyelesaikan masalah Papua tidak harus dengan kekerasan. Namun bagaimana semua pihak terkait duduk bersama mencari solusi. (*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Stop Jadikan Papua dan Orang Asli Papua Lahan Proyek