55 Orang Guru SM3T UNM Bertugas di Nabire

share on:
Guru SM3T saat persiapan berangkat ke tempat tugas di Distrik Napan – jubi/Titus
Guru SM3T saat persiapan berangkat ke tempat tugas di Distrik Napan – jubi/Titus

Nabire, Jubi – Sebanyak 55 guru dari Program Program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal  (SM3T) dari Universitas Negeri Makassar (UNM) akan bertugas di Nabire selama satu tahun.

Koordinator Guru SM3T UNM untuk Nabire,  Akbar Ridwan mengatakan, ini merupakan program dari kementerian Pendidikan dan tahun ini tersebar di enam kabupaten/kota seluruh Indonesia. Untuk Papua ada dua Kabupaten,Boven Digoel dan Nabire.

“Tujuan utama dari program ini adalah maju bersama memajukan Indonesia, khususnya daerah terpencil, tertinggal dan terdepan,” katanya di Nabire, Kamis (14/9/2016).

Di KabupatenNabire, 55 orang guru akan disebar ke beberapa distrik seperti Teluk Umar, Yaro, Wami, Kalibobo, Wanggar, serta Mapan.

“SK penempatan dari dinas setempat dan dinas hanya membiayai keperluan kami. Sedangkan honornya dari kementerian. jadi tugas kami adalah mengajar di sekolah-sekolah yang kekurangan guru dan selama setahun,” lanjutnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Napan Petrus Marey mengatakan Distrik Napan akan menerima 12 orang. Lima guru akan bertugas di SD, SMP dan SMA di Napan, satu guru di Kampung Masipawa,dua guru di Kampung Mosan, dua guru di Moor serta dua guru di Kampung Arui.

“Kami akan menjemput para guru dan langsung kami antar ke tempat tugas di Distrik Napan,” jelasnya.

Petrus Marey  berterima kasih karena sudah menerima12 guru di tempatnya karena keluhan yang sudah sering disampaikannya, kini dijawab oleh pemerintah.

“Guru di daerah pelosok sangat terbatas. Ada sekolah yang gurunya hanya satu orang , ada juga kepala sekolah yang harus mengajar kelas 1 hingga kelas 6,” katanya.

Ia berharap program ini kedepannya terus berlanjut agar bisa menciptakan anak-anak Papua di pinggiran dan daerah terisolir bisa menjadi pintar dan cerdas seperti anak lain yang berada di daerah perkotaan. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  55 Orang Guru SM3T UNM Bertugas di Nabire