Anggaran Pengelolaan Sampah di Jayapura Rp 2 Miliar

share on:

Ketua Badan Legislasi Daerah DPRD Kabupaten Jayapura, Karel Samonsabra – Jubi/Engel Wally
Ketua Badan Legislasi Daerah DPRD Kabupaten Jayapura, Karel Samonsabra – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Anggaran dana pengelolaan sampah di Kabupaten Jayapura tiap tahun sebesar Rp 2 miliar.

Menurut Ketua Badan Legislasi Daerah DPRD Kabupaten Jayapura Karel Samonsabra dana tersebut seharusnya dapat menyelesaikan persoalan sampah di kabupaten itu.

“Dari sisi aturan saya menilai anggaran yang disiapkan tiap tahun bagi pengelolaan sampah di daerah ini sama sekali tidak maksimal, padahal dana tersebut kalau diakumulasi selama beberapa tahun ini seharusnya persoalan sampah sudah dapat diatasi dengan baik,” katanya kepada Jubi di Sentani, Jumat (2/9/2016).

Hingga kini tempat pembuangan akhir (TPA) belum juga dibangun. Pemkab masih menggunakan tempat pembuangan sementara (TPS) yang dikontrak tiap tahun di sekitar perumahan padat penduduk di kawasan Doyo Lama.

Ia bahkan mengkhawatirkan TPS di lingkungan masyarakat tersebut berdampak buruk beberapa tahun mendatang.

“Bukan hanya itu saja, perembesannya melalui tanah dan air yang muaranya ke Danau Sentani jelas-jelas akan mengganggu habitat danau ini,” kata mantan pegawai Balai Besar Badan Konservasi SDA Papua ini.

Maka dari itu, ia menyarankan agar dana yang dipersiapkan setiap tahun tersebut dipergunakan sebaik mungkin. TPA juga diharapkan agar dikelola maksimal sehingga dapat mendatangkan PAD.

Kepala Dinas Tata Kota, Pertanaman dan Pemakaman Kabupaten Jayapura Zakaruddin mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan semua pihak yang berkompoten ihwal penanganan sampah yang lebih baik.

Menurutnya pengelolaan sampah bukan hal yang mudah sehingga membutuhkan kesadaran dan pengertian semua pihak.

“Sejalan dengan kepadatan penduduk adalah faktor utama. Ditambah dengan fasilitas dan tempat penampungan yang minim. Oleh sebab itu, kita sedang berkoordiansi dengan pemilik ulayat untuk menyelesaikan pembangunan TPA yang baik,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggaran Pengelolaan Sampah di Jayapura Rp 2 Miliar