Bulog Sub Divre Merauke Jual Gula Pasir Rp 12.500/Kg

share on:
Antrian Warga saat Membeli Gula Murah – Jubi/Titus
Antrian Warga saat Membeli Gula Murah – Jubi/Titus

Merauke, Jubi – Kepala Bulog Sub Divre Merauke, Zaid El Sabali mengungkapkan, 48 ton gula pasir yang di pasok dari Surabaya pekan lalu, kini dijual dengan harga Rp 12.500 guna menjawab keluhan konsumen. Harga gula pasir sebelumnya di pasar maupun supermarket di Merauke berada di atas Rp 18.000/kg.

Selain menggelar operasi pasar murah, kami bekerjasama dengan beberapa pedagang di Pasar Mopah maupun Pasar Wamanggu menjual gula, dengan catatan harganya harus sesuai standard yang ditetapkan Bulog Sub Divre Merauke yakni Rp 12.500/kg,” ujar Sabali kepada Jubi Kamis (15/9/2016).

Dijelaskan, dari 8 ton gula pasir yang ada, masih tersisa 15 ton. “Kami memberikan kesempatan kepada pedagang mengambil lagi. Sehingga bisa menjual kembali sekaligus menetralisir harga sebelumnya,” kata dia.

Diakui kuota gula pasir untuk empat kabupaten di wilayah Selatan Papua yakni Merauke, Boven Digoel, Mappi serta Asmat adalah 126 ton. “Memang baru masuk 48 ton dan sesuai laporan yang diterima, dua kontainer berisi 48 ton gula pasir, sedang dalam pelayaran. Belum diketahui pasti kapan akan sampai di Pelabuhan Merauke,” tuturnya.

Dijelaskan, pihaknya fokus pada Kabupaten Merauke terlebih dahulu.

Salah seorang pembeli saat ditemui di Pasar Wamanggu, Sumina (35) tahun mengaku, operasi pasar yang dilakukan Bulog Merauke sangat membantu.

Terus terang, harga yang dijual sebelumnya Rp18.000, sangat memberatkan. Karena pendapatan kami tidak menentu tiap hari,” katanya.

Dia berharap pasar murah digelar kembali, sehingga para pedagang tidak seenaknya menaikkan harga gula pasir. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bulog Sub Divre Merauke Jual Gula Pasir Rp 12.500/Kg