Disnakerduk Kabupaten Kota Diminta Galakkan Pelatihan

share on:
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar - Jubi Doc
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar – Jubi Doc

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meminta Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Disnakerduk) kabupaen dan kota di Papua mengalakkan pelatihan bagi tenaga kerja asli Papua.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Papua Yan Piet Rawar kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (15/9/2016), mengatakan pelatihan dan pembinaan bagi tenaga kerja asli Papua perlu dilakukan agar lebih siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Disnakerduk di masing-masing kabupaten/kota merupakan ujung tombak dari pemerintahan dalam melaksanakan pembinaan tenaga kerja,” katanya.

Selain pelatihan dan pembinaan, ujar Rawar, yang juga harus dilakukan kabupataen dan kota adalah peningkatan kesempatan kerja. Pasalnya yang ada saat ini sangat terbatas, jikapun tersedia, tenaga kerja asli Papua tidak bisa memenuhi karena kualitasnya belum mumpuni.

“Untuk itu, harus ada yang menjembatani kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha dengan lembaga pelatihan sehingga tenaga kerja asli Papua siap bersaing,” ujarnya.

Disamping itu, persoalan lain yang tidak boleh dilupakan adalah permasalahan pengetahuan, keterampilan dan perilaku atau etos kerja para tenaga kerja yang ada di Papua.

“Banyak kasus PHK atau pemutusan hubungan kerja yang terjadi di wilayah kami disebabkan perilaku pekerja yang tidak disiplin, ini yang harus diubah,” kata Rawar.

Dia menambahkan dalam menjalankan tugas, pihaknya hanya bertanggung jawab dalam hal perencanaan, pengawasan, pengendalian, monitoring sampai dengan peningkatan kapasitas aparatur.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe menilai secara umum Papua belum siap dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Pasalnya sumber daya manusia yang ada saat ini masih harus dibina dan diberdayakan.

“Tugas pemerintah kedepan adalah mempersiapkan masyarakat untuk hadapi persaingan yang semakin terbuka dengan negara-negara tetangga nanti,” kata Lukas Enembe.

Menurut ia, Disnakerduk dan pihak pihak terkait harus membantu pemerintah Provinsi Papua dalam meningkatkan sumber daya manusia. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disnakerduk Kabupaten Kota Diminta Galakkan Pelatihan