DPRD Merauke Disarankan Buat Perda Dana Desa

share on:
DPRD Merauke sedang melakukan sidang beberapa waktu lalu. Jubi/Frans L Kobun
DPRD Merauke sedang melakukan sidang beberapa waktu lalu. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke disarankan membuat Peraturan Daerah (Perda), setelah adanya kebijakan pemerintah pusat dengan menurunkan dana desa senilai Rp 1 miliar di setiap kampung. Dengan Peda tersebut, akan menjadi acuan dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran.

Saran itu disampaikan Rafael Kapura, jebolan doktor Universitas Indonesia (UI) ketika ditemui Jubi di Swisbelt Hotel Rabu (14/9/2016). Dikatakan, selain membuat Perda, dewan juga harus melakukan pengawasan secara kontinyu. Sehingga anggaran yang diberikan pemerintah pusat, dapat digunakan dengan baik untuk kepentingan masyarakat.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke memberikan training kepada kepala kampung secara terus menerus. Maksudnya agar mereka memahami dengan baik dan benar tata kelola pengelolaan keuangan. Jika tak ada pelatihan diberikan, tak dapat dipungkiri dana bisa disalahgunakan.

“Saya  minta agar anak-anak yang sudah menyelesaikan studinya, diperbantukan ikut membuat perencanaan tentang pengelolaan anggaran keuangan. Sehingga semua transparan dan tepat sasaran terutama kepada masyarakat,” pintanya.

Diharapkan mereka yang telah diberikan tugas sebagai pengawas, tidak merangkap lagi menjadi fasilitator maupun pendamping. Karena itu akan terrjadi tumpang tindih dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Merauke, Moses Kaibu yang dimintai komentarnya mengatakan, saran yang disampaikan Rafael Kapura sangat baik dan ini  menjadi catatan untuk disampaikan saat adanya sidang.

“Saya kira perlu ada Perda serta pengawasan secara kontinyu dalam pengelolaan dana Rp 1 miliar itu. Kita tak berprasangka buruk, tetapi bisa juga ada unsur permainan yang dilakukan aparat di tingkat kampung,” tuturnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Merauke Disarankan Buat Perda Dana Desa