Gubernur Papua Minta Bupati Mamra Data OAP

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe (kanan) Bersama Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa Pada Suatu Kesempatan - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe (kanan) Bersama Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa Pada Suatu Kesempatan – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya (Mamra) Dorinus Dasinapa – Yakobus Britai mendata keberadaan Orang Asli Papua (OAP) di wilayah kerja mereka.

“Sebagai pimpinan harus memberikan perlindungan kepada masyarakatnya, terutama dalam hal kepemilikan tanah maupun hutan,” kata Gubernur Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Menurut Gubernur, pemberian perlindungan terhadap masyarakat harus dilakukan karena merekalah yang mempunyai hak atas tanah dan hutan, sehingga pendataan harus dilakukan.

“Dihitung semua jumlah keluarga disana, berapa jumlah orang Papua yang ada disana. Memastikan seluruh punya data kependudukan, mereka orang asli Papua dan kepemilikan hak ulayat yang jelas,” ujarnya.

Gubernur menekankan, kebijakan pemerintah provinsi Papua soal pembagian dana Otsus 80 persen ke kabupaten dan kota di Papua masih tetap berlanjut, dengan pertimbangan masyarakat Papua paling banyak berdomisili di kabupaten/kota, distrik hingga kampung kampung.

Agar berjalan maksimal, gubernur akan membentuk tim gabungan guna melakukan evaluasi penggunaan dana Otsus 80 persen.

“Jadi kebijakan itu masih ada, untuk itu setiap kepala daerah harus menggunakan dana ini secara baik,” kata Enembe.

Disamping adanya dana Otsus 80 persen, kata Enembe, ada juga kebijakan pemerintah pusat untuk kampung kampung yang ada di Indonesia, yakni dana desa. Untuk itu, penyalurannya harus tepat sasaran dan diiringi dengan program yang jelas.

“Ini evaluasi menyeluruh yang dilakukan pemerintah, apalagi KPK juga sudah masuk, kalau salah gunakan ya, hati hati saja. Kita disini bukan untuk dipenjarakan, kita kerja untuk membuat rakyat jadi maju. Untuk itu, saya minta setiap kepala daerah gunakan dana desa secara baik,” tutupnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Minta Bupati Mamra Data OAP