Kabupaten Jayapura Tuan Rumah Festival TIKA 2016

share on:

Proses pemasangan jaringan internet di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre – Jubi/Engel Wally
Proses pemasangan jaringan internet di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura, Papua dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Desa Teknologi Informasi dan Informatika (TIKA), 28 – 30 September 2016.

Kegiatan tersebut melibatkan kampung-kampung/desa di seluruh Indonesia, relawan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan agen perubahan informatika.

Kepala Badan Komunikasi dan Informasi PAD Kabupaten Jayapura, Samiyana Sambodo mengatakan pihaknya sudah memasang jaringan internet di kampung-kampung dalam rangka kegiatan tersebut.

“Fasilitas layanan yang disiapkan menggunakan VSAT dan dilengkapi dengan IPPON yang dipersiapkan di beberapa titik tiap wilayah pembangunan. Pemasangan jaringan internet ini akan digunakan secara gratis,” katanya kepada Jubi di Sentani, Jumat (2/9/2016).

Pemasangan VSAT internet ini secara stimulan. Selanjutnya kampung-kampung yang tertarik dapat menganggarkan lewat dana ADK (alokasi dana kampung) dan ADD (alokasi dana desa) untuk pembiayaan VSAT internet dan bandwist. Hal yang sama pada tahun 2017 dipasangkan di tiap kantor distrik di kabupaten tersebut.

“Dengan demikian semua alur koordinasi sesama distrik dan ke SKPD lain dapat berjalan dengan maksimal, termasuk semua aplikasi bisa digunakan di distrik secara online dan offline dan terintegrasi,” katanya.

Sales and Marketing Manajer PT. Matra Mandiri Prima (MMP) Jakarta Muhamad Hamzah mengatakan VSAT internet milik MMP sebanyak 200 VSAT di Jayapura.

“Perangkat ini bisa digunakan oleh kampung-kampung untuk mengakases internet, IP phone dan aplikasi pelaporan keuangan, serta aplikasi lainnya ini akan mempermudah semua jenis pekerjaan dan pelaporan yang dikerjakan secara integrasi dari atas sampai pemerintah di tingkat bawah,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kabupaten Jayapura Tuan Rumah Festival TIKA 2016