Karyawan Perusahaan Sawit PT KIU Mogok Kerja

share on:

Sampit, Jubi – Sedikitnya 130 karyawan perusahaan sawit PT Katingan Indah Utama (KIU) yang beroperasi di wilayah Kecamatan Parenggean, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mogok kerja.

Dokumentasi aksi mogok kerja karyawan PT Katingan Indah Utama di Parenggean, Kalteng. – borneonews.co.id
Dokumentasi aksi mogok kerja karyawan PT Katingan Indah Utama di Parenggean, Kalteng. – borneonews.co.id

Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun di Sampit, pada Kamis (15/9) mengatakan, dalam surat resminya yang disampaikan ke DPRD, para karyawan tersebut melakukan aksi mogok kerja untuk menolak adanya pengurangan upah yang dilakukan pihak perusahaan.

“Berdasarkan keterangan koordinator aksi Sudarmajis, mogok kerja karyawan tersebut rencananya akan berlangsung di halaman kantor PT KIU sejak 14-24 September 2016,” tambahnya.

Perubahan nilai upah terhadap karyawan khusus muat buah sawit tersebut merupakan kebijakan baru dari pihak perusahaan dan tanpa persetujuan atau kesepakatan dari karyawan.

Kebijakan sepihak yang diambil pihak perusahaan tersebut secara langsung telah merugikan karyawan dan berdampak pada berkurangnya penghasilan karyawan muat.

“Informasi yang kita terima, para karyawan tersebut juga akan menggelar aksi demontrasi ke pemerintah daerah Kotawaringin Timur pada 26 September 2016 nanti,” katanya.

Rimbun berharap pihak perusahaan segera menyelesaikan permasalahan itu, agar tidak merugikan para karyawan.
“Ini masalah pengupahan, saya berharap pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) bisa memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak yang sedang berseteru tersebut,” ucapnya.

Rimbun juga meminta kepada pihak perusahaan untuk meninjau kembali atas keputusannya melakukan perubahan nilai upah karyawan angkut tersebut.

“Pihak perusahaan juga harus memberikan alasan yang tepat mengapa mengubah nilai upah angkut. Dan karyawan juga memiliki hak untuk mengetahui dan menolak putusan itu, namun saya harap permasalahan ini diselesaikan secara kekeluargaan agar tidak ada pihak yang dirugikan,” ujar Rimbun. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Karyawan Perusahaan Sawit PT KIU Mogok Kerja