Natalis Tabuni Bantah Kabupaten Intan Jaya Batal Pilkada

share on:
Bupati Intan Jaya, Naftali Tabuni saat berada di Jayapura Minggu (11/9/2016) – JUBI/Hengky Yeimo
Bupati Intan Jaya, Naftali Tabuni saat berada di Jayapura Minggu (11/9/2016) – JUBI/Hengky Yeimo

Jayapura, Jubi – Bupati Intan Jaya, Naftali Tabuni menaggapi desas-desus yang beredar di kalangan masyarakat bahwa Kabupaten Intan Jaya terancam tidak ikut pilkada.

Menurut Natalis Tabuni hal itu  itu terlalu dini dan tidak benar karena untuk mempersiapkan proses pilkada kabupaten Intan Jaya pihaknya sudah menyiapkan anggaran.

Rincian anggaran untuk pilkada itu sudah masuk dalam anggaran perubahan, kata dia. Namun anggaran tahap kedua tersebut memang belum tersedia karena belum turun di kabupaten Intan Jaya.

“Oleh karena itu, saat melakukan MOU, pihaknya sudah sampaikan kepada panwas dan KPU jika ada kegiatan sebelum APBD perubahan dilakukan maka bisa melalui peminjaman,” kata Natalis Tabuni kepada Jubi minggu lalu, (11/9/2016).

Pihaknya sudah melakukan Memorandum Of Undestanding (MOU) dengan Komisioner Pemilihan Umum (KPU) terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah (PEMILUKADA) 2017, total sebesar Rp.66 miliar.

Menurut Tabuni mereka sudah membayar sebesar Rp. 33 miliar ke rekening KPU untuk tahap pertama, tahapan kedua akan dibayar setelah proses tahapan pertama itu selesai.

“Kami akan bayar Rp.6 miliar lebih dana hibah untuk Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada,” kata Natalis Tabuni. Sementara untuk dana pengamanan kepolisian dan TNI Rp.2 miliar.

Terkait sisa pembayaran tahap kedua, Natalis mengatakan masih harus dikonfirmasi setelah diajukan ke mendagri.

Sebelumnya, Gubernur Papua Luka Enembe berjanji bahwa tidak akan ada masalah terkait penyelenggaraan pilkada di 11 Kabupaten di Provinsi Papua.

“Saya harap mulai sekarang 11 kabupaten ini kita bicarakan terus, tidak boleh terjadi seperti Mamberamo, APBD kita habis hanya untuk Pilkada,” tutupnya.

Gubernur meminta semua institusi di 11 daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2017 untuk tenang dan menjalankan dan melaksanakan demokrasi yang benar.

Diketahui, 11 daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2017 yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Nduga, Lanny Jaya, Mappi, Kepulauan Yapen, Tolikara, Intan Jaya, Puncak Jaya, dan Dogiyai. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Natalis Tabuni Bantah Kabupaten Intan Jaya Batal Pilkada