Pemkab Merauke Butuh Anggaran Rp 300 Miliar Selesaikan Stadion Katalpal

share on:
Kepala Dispora Merauke, Thobias Walong. Jubi/Frans L Kobun
Kepala Dispora Merauke, Thobias Walong. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Merauke, Thobias Walong mengungkapkan, salah satu cabang olahraga yang akan dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang adalah sepakbola. Sementara, Stadion Katalpal hingga kini tak kunjung dirampungkan. Dana yang dibutuhkan untuk penyelesaian adalah Rp 300 miliar.

Hal itu disampaikan Walong kepada Jubi Rabu (14/9/2016). “Memang beberapa waktu lalu, saya mendampingi Pak Bupati Merauke, Frederikus Gebze bersama tim dari provinsi, melakukan peninjauan terhadap Stadion Bola Kaki Katalpal dan telah ada pembicaraan  penyelesaian nanti,” katanya.

Dari perhitungan yang dilakukan, demikian Walong, anggaran dibutuhkan adalah sekitar Rp 300 miliar. Dan, tahun depan, pekerjaan  sudah harus dilanjutkan. Sehingga pada tahun 2019 mendatang, sudah memasuki tahap finishing. Karena tahun 2020, PON berlangsung di Papua dan salah satu cabang olahraga yang dilaksanakan adalah bola kaki di Merauke.

Diakui jika anggaran sangat besar itu, tentunya tidak hanya bisa mengandalkan APBD Kabupaten Merauke. Tetapi butuh dukungan dana juga baik dari provinsi maupun pusat. “Ya, kalau hanya mengandalkan dana dari Pemkab Merauke, otomatis penyelesaian pembangunan stadion  mengalami keterlambatan,” katanya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze beberapa waktu lalu mengatakan, pemerintah setempat, siap mensukseskan PON di Papua tahun 2020 mendatang. Sebagai tindaklanjutnya, berbagai fasilitas akan  dibenahi dan diperbaiki kembali.

“Ya, pemerintah akan memberikan dukungan dana untuk penyelesaian stadion bola kaki. Namun, perlu juga perhatian dari pemerintah pusat maupun provinsi. Sehingga stadion segera dirampungkan,” pintanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Merauke Butuh Anggaran Rp 300 Miliar Selesaikan Stadion Katalpal