Perebutan Medali Emas Dayung Rowing di Cipule Karawang

share on:
Lokasi pertandingan dayung PON XIX Jabar di Situ Cipule Karawang, Jabar-Jubi/ist
Lokasi pertandingan dayung PON XIX Jabar di Situ Cipule Karawang, Jabar-Jubi/ist

Jayapura, Jubi- Tim rowing dayung Papua bersama Jawa Barat dan Maluku dominasi babak final yang akan bertanding Jumat (16/9/2016) di Situ Cipule Karawang. Persaingan ini penting bagi Papua untuk mencatatkan nama tim PON Papua  dalam daftar perolehan medali emas, perak dan perunggu.
Atlet dayung Jawa Barat, Melani Putri, menjadi atlet pertama yang lolos ke babak final nomor light weight single sculls (LW1X) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. Perempuan berusia 16 tahun itu tercatat sebagai yang tercepat dengan perolehan waktu 09.05.57 dalam babak penyisihan.

Berlaga di race pertama, Putri melampaui kecepatan Alfrida Matua, atlet dayung asal Papua, yang hanya terpaut 11 detik dari Putri. Alfrida tercatat memperoleh waktu 9.16.23. “Keduanya dipastikan lolos ke babak final,” kata Koordinator Bidang Pertandingan Dayung PON 2016 Irwan Setiawan saat ditemui di Situ Cipule, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, 14 September 2016 sebagaimana dilansir laman resmi http://www.pon-peparnas2016jabar.go.id.

Adapun pertandingan race kedua di LW1X berlangsung lebih seru. Catatan atlet yang bertanding di race kedua lebih baik daripada catatan pada race pertama. Persaingan ketat terjadi antara atlet kontingen Maluku dan Jambi. Keduanya hanya terpaut 7 detik.

Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia lomba, atlet asal Maluku, Chelsea Corputty, mencatatkan waktu 8.41.52. Adapun Endang Sri Hevina Rangkuti, asal Jambi, memperoleh waktu 8.48.35.

Sesuai aturan pertandingan, atlet yang menempati urutan pertama dan kedua otomatis langsung berlaga di babak final. Dalam hal ini, Melani Putri dan Chelsea Corputty dipastikan akan berhadapan pada babak final. “Yang menang di final akan memperoleh medali emas,” katanya.

Berdasarkan catatan waktu dari babak penyisihan, atlet Maluku lebih baik daripada atlet Jawa Barat. Selisih waktu di antara keduanya terpaut 24 detik.

Sementara itu pelatih Dayung PON Papua Nus Oosleky saat di hubungi Jubi melalui handphone Rabu(14/9/2016) mengtatakan tim dayung rowing Papua turunkan lima nomor dan semua masuk final, yang akan bertanding pada Jumat(16/9/2016).

“ Nomor yang lomba hari ini woman satu orang (single scull) atas nama Maryam Daimoi, Legwit Woman satu orang atas nama Alfrida Matuan, Legwit Man dua orang atas nama Andreas Sopacuan dan Didimus Bidai, Cocles Pasir dua orang atas nama Putri Alfrida Matuan dan Beatriks Hubi, serta yang terakhir Woman 4 orang atas nama Alfrida Matuan, Maryam Daimoi, Daniela Sokoi dan Beatrix Hubi,”katanya.(Simon*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perebutan Medali Emas Dayung Rowing di Cipule Karawang