PKK Intan Jaya Raih Juara 1 Lomba Ketahanan Pangan Lokal

share on:
Ilustrasi suasana Lomba Inovasi Kuliner Yang Digelar Dinas Kelautan dan Perrikanan Papua - Jubi/Alex
Ilustrasi suasana Lomba Inovasi Kuliner Yang Digelar Dinas Kelautan dan Perrikanan Papua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Intan Jaya, Herawati Tabuni mengatakan pihaknya telah meraih juara umum lomba ketahanan pangan lokal untuk tingkat Provinsi Papua. Baru pertama kali kabupaten tersebut meraih juara pertama.

‘’Ini semua adalah kerja keras dan kerja sama yang solid antara tim sehingga kami dapat meraih juara 1,” kata Herawati kepada Jubi, minggu (11/9/2016), yang tidak menyangka PKK Intan Jaya memenangkan lomba yang diikuti oleh 11 kabupaten di Provinsi Papua pada 8 September lalu.

Sebelum mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, uji coba lomba dilakukan tim PKK  di Distrik Sugapa. Lomba yang dimaksud adalah lomba memasak makanan lokal.

“Ini semua memacu semangat kami untuk menggandeng ibu-ibu PKK lainnya dan terus maju mengikuti berbagai kegiatan yang digelar nantinya,” kata Herawati.

Dia juga mengatakan, tahun depan pihaknya akan mewakili Papua ikut berlomba di tingkat nasional, di Jakarta.

Menu yang diperlombakan dalam lomba ketahanan pangan lokal tersebut memang jenis menu-menu modern. Namun untuk bahan bakunya, kata dia, tetap diambil dari lokal yang memang sering di jumpai seperti ubi, keladi, buah merah, serta terong belanda.

‘’Kami menyajikan tiga menu untuk pagi, siang dan malam. Menu pagi ada Bola-bola Ema Titigi, dengan minuman jus pisang dan terong belanda. Untuk menu siang itu ada keladi Cartenz, bakwan
jantung pisang daging kelinci, dan jus aneka buah Sugapa. Sementara untuk menu malam
ada Spageti Tadipa, Sup Bola-bola Bilogai,” kata dia sambil berharap menu-menu ini bisa lebih dikreasikan lagi.

Kepada Ibu-ibu PKK Kabupaten Intan Jaya dia berpesan agar tidak cepat berpuas hati, “terus berkreasi lagi dengan membuat lebih banyak makanan lokal terutama yang ada di daerah Intan Jaya,” kata dia.

Karena harga makanan lokal di Sugapa cukup terjangkau baik harga maupun ketersedian, dirinya berharap Mama-mama rumah tangga dapat mengelola kreasi makanan pokok di Sugapa yang lebih inovatif.

Ditempat sama, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni mengatakan dirinya merasa bangga atas capaian ibu-ibu PKK sebagai bagian dari program pemberdayaan Ibu-ibu PKK di Intan Jaya.

“Kami akan terus mendorong dan memotivasi ibu-ibu PKK Intan Jaya, karena ini bagian dari affirmative action,” kata Natalis Tabuni.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PKK Intan Jaya Raih Juara 1 Lomba Ketahanan Pangan Lokal