Pulau Vava’u Kehabisan BBM

share on:

Vava’u, Jubi – Pulau Vava’u di Republik Tonga kehabisan pasokan bahan bakar minyak (BBM). Akibatnya, otoritas setempat mulai menolak kedatangan wisatawan. Padahal, industri pariwisata adalah tulang punggung perekonomian terpenting pulau tersebut.

Peta pulau  Vava'u. -- whaleswim.com
Peta pulau Vava’u. — whaleswim.com

Presiden Asosiasi Pariwisata Vava’u, Calvin Schumaker mengatakan bahwa masalah itu telah terjadi sejak dua minggu lalu. Karena tidak ada jalan keluar, maka kini sudah  tidak ada lagi BBM yang bisa digunakan di pulau.

Schumaker menambahkan, kapal yacht pun tidak ada yang bisa berlabuh di dermaga karena generator diesel membutuhkan bahan bakar. Ia mengkritik otoritas setempat yang tidak antisipatif akan datangnya musim ramai wisatawan.

“Biasanya kita di sini mengalami kekurangan BBM setahun sekali dan berlangsung beberapa hari saja. Tapi kali ini saya rasa terburuk,” katanya.

Penyebab hilangnya BBM di pulau tersebut diduga karena perusahaan minyak Pacific Energy tidak memiliki kapal tambahan pengangkut BBM dari pulau Nuku’alofa ke Vava’u. Pacific Energy telah mengumumkan bahwa kapal pengangkut baru akan tersedia dalam waktu dua minggu.

Akibat kejadian itu, diduga pulau tersebut mengalami kehilangan potensi pendapatan senilai puluhan ribu dolar. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber : radionz.co.nz
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pulau Vava’u Kehabisan BBM