PVMBG Minta Waspadai Lahar Gunung Lokon

share on:

Tomohon, Jubi – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung merekomendasikan warga mewaspadai lahar Gunung Lokon di Kota Tomohon yang berpotensi terjadi di musim hujan.

Gunung Lokon - wikipedia
Gunung Lokon – wikipedia

“Waspadailah potensi lahar pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Lokon,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen Farid Ruskanda Bina di Tomohon, Kamis (15/9/2016).

Farid menambahkan, ada dua rekomendasi lainnya yang harus diperhatikan yaitu masyarakat dan wisatawan diharapkan tidak mendekati dan melakukan aktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Tompaluan yang menjadi pusat aktivitas.

Selain itu, apabila terjadi hujan abu, masyarakat diharapkan tetap berada di dalam rumah, dan apabila keluar rumah disarankan menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata.

“Tingkat aktivitas Gunung Lokon saat ini yaitu waspada pada level II,” katanya.

Farid menambahkan, pada Rabu (14/8) terekam dua kali gempa tektonik jauh dengan amplituda 6-10 milimeter, berdurasi 90-105 detik, satu kali gempa vulkanik dangkal amplituda 18 milimeter selama tiga detik, serta microtremor beramplituda 0.5-10 milimeter yang didominasi satu milimeter.

Pada periode tersebut, Gunung Lokon tampak jelas dengan tinggi asap 150 meter berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PVMBG Minta Waspadai Lahar Gunung Lokon