Sedikit Mama-Mama Asli Papua Berjualan Pinang di Pasar Youtefa

share on:
Tempat Jual Buah Pinang (Jubi/Timoteus Marten)
Tempat Jual Buah Pinang (Jubi/Timoteus Marten)

Jayapura, Jubi-Pinang salah satu makanan tradisional masyarakat kawasan Melanesia, terlebih masyarakat Papua. Di jalan-jalan besar pemandangan lazim mama-mama Asli Papua menjual pinang, termasuk jalan Sentani hingga Jayapura.

Tapi tidak di Pasar Yotefa, justru mayoritas penjual pinang non Papua. “Saya belum tahu kenapa orang asli Papua kurang berjualan pinang di Pasar Yotefa, jumlahnya bisa dihitung jari,” kata Mama Marice Degai kepada Jubi, Jumat (9/9/2016).

Mama Marice sudah 8 tahun berjualan pinang di Pasar Yotefa. Setiap hari ia datang pukul 7 pagi dan pulang pukul 5 sore. Ia memborong sekarung pinang 50 kg rata-rata seharga Rp1 juta, lalu menjualnya eceran. Hasil penjualan bisa mencapai Rp1,5 juta.

“Saya bersyukur bisa menyekolahkan anak hingga sarjana dari berjualan pinang,” kata ibu dua anak ini.

Penjual lain di Youtefa, Mama Merlina. Warga Kerom ini membawa sendiri pinang hasil kebunnya ke Yotefa untuk dijual, lalu balik lagi ke Kerom. Ia melakukan usaha ini sejak kecil.

“Ada yang saya jual borongan yang biasa dibeli non Papua, ada juga eceran yang pembelinya banyak mama-mama asli Papua, biasanya pinang laku Senin hingga Rabu,” katanya kepada Jubi.

Dalam seminggu ia biasa membawa satu hingga tiga karung pinang ukuran 50 kg. Ia menjual Rp1 juta hingga Rp2 juta per karung. Usaha pinang membiayai keluarganya, membiayai anaknya yang kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat, Universitas Cenderawasih.

Hana pedagang pinang asal Makassar. Ia sudah tiga tahun menjual pinang di Pasar Youtefa. Menurutnya, mama-mama asli Papua banyak yang membeli pinang, lalu menjualnya di pinggir-pinggir jalan. Mereka tidak mau berjualan di pasar.

Di Pasar Yotefa, mama-mama asli Papua lebih suka membeli pinang di sana untuk dijual di daerah-daerah. (David Sobolim)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sedikit Mama-Mama Asli Papua Berjualan Pinang di Pasar Youtefa