Tiap Toko Harus Gunakan Plastik Ramah Lingkungan

share on:

Ilustrasi sampah-sampah di Kota Jayapura - Jubi/papuahargadiriku.blogspot.co.id
Ilustrasi sampah-sampah di Kota Jayapura – Jubi/papuahargadiriku.blogspot.co.id
Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura akan mewajibkan penggunaan plastik ramah lingkungan di setiap toko/ritel.

“Semua ritel modern dan toko-toko akan diwajibkan menggunakan plastik ramah lingkungan. Untuk harganya belum akan dinaikkan,” ujar kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Jayapura Katty Kailola di Jayapura, Kamis (15/9/2016).

Ia mengaku masih menunggu diterbitkannya aturan oleh pemerintah pusat terkait dengan kewajiban penggunaan plastik ramah lingkungan.

“Aturan PP dari pusat sedang di godok, kalau sudah ada baru kita bisa buat Peraturan Daerah,” katanya.

Menurut Katty hingga kini baru toko ritel atau swalayan yang menggunakan plastik ramah lingkungan di Kota Jayapura dan ditekankannya hal tersebut harus dipertahankan.

“Ritel tetap mengadakan plastik ramah lingkungan. Kebijakan berbayar tidak diharuskan, tapi plastik ramah lingkungannya wajib,” katanya.
Ia juga menambahkan bila sembilan ritel punya tanggung jawab melaporkan pengadaan plastik ke Pemkot melalui BLH dan Dispenda untuk retribusinya.

Meski diakui masih ada penolakan dari masyarakat untuk membeli plastik ketika berbelanja di swalayan. Namun Pemkot tetap bersikeras untuk mempertahankan kebijakan tersebut.

“Kalau ada konsumen yang keberatan membayar, berarti dia harus bawa plastik dari rumah. Di toko-toko sekarang ada ‘binder-binder’ imbauan untuk membawa kantung plastik sendiri, tujuannya untuk mengurangi sampah,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiap Toko Harus Gunakan Plastik Ramah Lingkungan