Di Wanam-Merauke, Warga Sipil Ditembak Oknum Polisi

share on:
Kapolres Merauke, AKBP Taufiq Irpan Awaluddin. Jubi/Frans L Kobun
Kapolres Merauke, AKBP Taufiq Irpan Awaluddin. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Melky Balagaize, seorang warga sipil di Kampung Wanam, Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke, ditembak oknum anggota polisi dengan menggunakan peluru karet. Tembakan mengenai pantat korban, sehingga korban harus dilarikan ke puskesmas setempat guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufiq Irpan Awaluddin kepada Jubi di ruang kerjanya Jumat (16/9/2016) membenarkan adanya kasus penembakan. Penembakan terjadi pada Rabu, 14 September 2016 sekitar pukul 19.30 WIT.

Kronologis kasusnya, demikian Kapolres, pada jam tersebut, korban yang sedang dipengaruhi minuman keras (miras), membuat keributan dengan membawa senjata tajam berupa parang sambil mengejar warga setempat. Bahkan, kabel-kabel maupun tiang rumah di sekitar, ikut dipotong.

Masyarakat setempat, lanjut Kapolres, langsung mengadu ke Pospol Air di Wanam. Beberapa saat kemudian, korban yang ditembak, ikut masuk hingga halaman pospol dan membuat keributan.

Melihat itu, salah seorang anggota keluar dan meminta korban tidak melakukan keributan. Namun, tidak ditanggapi dan justru mengayunkan parang hendak membacok anggota. Seketika juga, anggota melepaskan tembakan peringatan ke udara.

Hanya saja, korban terus berusaha menyerang. Sehingga langkah yang dilakukan adalah dengan menembak bersangkutan menggunakan peluru karet di bagian pantat. Jadi, bukan menggunakan peluru tajam. Setelah dilumpuhkan, korban dibawa ke puskesmas menjalani perawatan.

Anggota saya sudah bergerak ke Wanam melakukan pemeriksaan terhadap oknum polisi yang menembak warga. Namun demikian, tindakan anggota dengan menembak lantaran ada perlawanan dilakukan menggunakan parang,” katanya.

Sementara Kasat Polair Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sa’ka mengatakan, pihaknya tidak berkompeten memberikan penjelasan. Itu merupakan kewenangan atasan.

Meskipun saya tahu, tetapi untuk memberikan penjelasan adalah Kapolres Merauke,” ungkapnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Wanam-Merauke, Warga Sipil Ditembak Oknum Polisi