Distribusi Rp185 Milyar Dana Kampung Tahap I di Yahukimo Akan Rampung Pekan Depan

share on:
Bupati Abock Busup (topi biru) saat menyerahkan dana kepada salah satu kepala kampung di Anggruk, 15 September 2016. -Dok Jubi
Bupati Abock Busup (topi biru) saat menyerahkan dana kepada salah satu kepala kampung di Anggruk, 15 September 2016. -Dok Jubi

Jayapura, Jubi – Bupati Yahukimo Abock Busup mengatakan pendistribusian dana kampung tahun anggaran 2016 tahap pertama akan dirampungkan pada awal pekan depan. Dari total 51, masih tersisa sembilan distrik yaitu Langda, Wusamo, Kono, Nalca, Puldama, Endomen, Dirwemna, Talambo, dan Nipsan.

Dari total dana kampung Rp185 miliar, Pemda Yahukimo telah menyalurkan Rp124 lebih, sejak awal Agustus untuk 42 distrik.

Bupati Abock mengatakan penyaluran dana kampung untuk sembilan distrik itu akan dilakukan dalam pekan depan, Senin (19/9) dan Selasa (20/9).

“Dana kampung untuk seluruh kampung di Yahukimo ada Rp185 miliar lebih. Sebagian besar sudah kami salurkan, dan yang belum ada sembilan distrik. Yang belum itu yang nanti kita salurkan hari Senin dan Selasa minggu depan,” kata Abock kepada Jubi via ponselnya, Jumat (16/9/2016).

Rp 49 Miliar untuk Anggruk dan Silimo

Abock menjelaskan penyaluran dana kampung terakhir dilakukan pada 5 September di Anggruk untuk sembilan distrik, dengan total dana Rp34 miliar. Kesembilan distrik itu adalah Anggruk, Hereapini, Walma, Ubahak, Kosarek, Ubalihi, Yaliambut, Panggema, dan Pronggoli. Kemudian pada 6 September di Silimo untuk tiga distrik; Silimo, Wusamo, dan Amuma, sebesar Rp15 miliar.

Salah satu kepala kampung saat berbicara dalam acara penyerahan dana kampung tahap I tahun 2016 di Silimo, 15 September 2016. - Dok Jubi
Salah satu kepala kampung saat berbicara dalam acara penyerahan dana kampung tahap I tahun 2016 di Silimo, 15 September 2016. – Dok Jubi

“Di Anggruk kemarin kita sudah salurkan Rp34 miliar dan di Silimo untuk tiga distrik itu Rp15 miliar, sekaligus kita lengkapi dengan dokumen, buku rekening kampung, draf (format) pelaporan penggunaan dana kampung, serta pengisian laporannya. Tujuannya supaya dana sampai di kampung 100 persen dan dirasakan manfaatnya terutama masyarakat kampung masing-masing,” jelasnya.

Pada awal Agustus, Pemda Yahukimo telah menyerahkan Rp75 miliar dana kampung kepada 125 kampung. (*)

Baca juga: Pemda Yahukimo Telah Serahkan Rp75 Milyar Dana Kampung Di 125 Kampung

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Distribusi Rp185 Milyar Dana Kampung Tahap I di Yahukimo Akan Rampung Pekan Depan