Tim PON Papua ke Delapan Besar, Kalahkan Bangka Belitung 2-1

share on:
Tim sepakbola Papua lolos ke delapan besar-Jubi/Ist
Tim sepakbola Papua lolos ke delapan besar-Jubi/Ist

Jayapura, Jubi – Tim Sepak Bola Papua memastikan satu tiket ke babak delapan besar cabang olahraga sepakbola PON 2016 Jawa Barat, setelah mengalahkan tim asal Bangka Belitung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur Bekasi, Jumat (16/9/2016).

Kemenangan 1-2 atas Bangka Belitung membuat Papua sebagai pemuncak grup C dengan enam poin. Sedangkan Bangka Belitung posisi kedua dengan poin 3. Sementara Kalimantan Timur dan Gorontalo masih bertanding merebut kemenangan.

Gol tim sepak bola Papua berhasil dilesakan geladang serang Yan Piet Nasadit menit ke 60 ke gawang tim asal tambang timah Provinsi Bangka Belitung. Pertandingan baru berlangsung 16 menit kemudian kembali lagi gelandang bertahan Persipura senior M Tahir kembali menggandakan kemenangan menit ke 76.

Sebelumnya Tegar Pangestu lewat bola mati menit ke 63 menyamakan kedudukan, namun menit ke 76 M Tahir membawa tim asuhan Yarangga unggul 2-1.
Pertandingan berjalan ketat sejak kick off, Papua yang ingin lolos
tampil terbuka melawan Bangka Belitung. Namun, Bangka Belitung respon dengan permainan bola-bola pendek, hingga babak pertama usai skor masih imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Marckho Meraudje dan kawan-kawan langsung menekan ke daerah pertahanan Bangka Belitung. Gol pertama Papua lahir lewat set piece cantik. Lagi-lagi pengatur serangan adalah Marcho Meraudje yang melakukan pergerakan tanpa bola dengan manis, mengecoh para pemain Bangka Belitung.

Dari aksi itu, Marcho langsung mengangkat bola ke daerah pertahanan lawan dan bola jatuh tepat di kaki Yan Piet, dengan sekali kontrolgelandang PON Papua itu melepaskan tendangan keras mendatar yang melewati pemain bertahan Bangka Belitung. Gol lesakan Nasadit menggetarkan jala gawang yang dikawal Faisal Fahry.

Belum hilang kegembiraan Papua, Bangka Belitung membungkam pendukung Papua dan Gubernur Lukas Enembe beserta rombongan yang ikut menyaksikan laga tersebut.

Tendangan bebas pemain Bangka Belitung Tegar Pangestu melewati pagar pemain Papua di daerah kotak finalti. Penjaga gawang Hendra Mole hanya bisa melihat si kulit bundar masuk kedalam gawang.
Kedua tim yang bermain ngotot untuk lolos ke babak delapan besar, saling melakukan serangan. Beberapa kali kedua harus kontak bodi.

Alhasil, wasit Okky Dwi Putra harus mengeluarkan dua kartu merah untuk pemain Bangka Belitung Handry S dan Ary Ariyandika. Sementara kartu merah Papua untuk kapten tim Yudi Mambrasar.

Kehilangan dua pemain membuat permainan Bangka Belitung tidak terkontrol, dan dimanfaatkan oleh anak-anak Papua. Di menit ke-76, M Taher yang menerima umpan dari Marcho Meraudje melakukan tendangan keras kedalam gawang Bangka Belitung, skor 1-2 untuk keunggulan Papua.

Setelah itu, Papua semakin mengusai permainan, beberapa kali Fredi Isir, Osvaldo Hai mendapat sejumlah peluang. Namun hingga peluit berbunyi, skor 1-2 untuk kemenangan tim sepak bola PON Papua.

Selanjutnya pada hari Minggu, 18 September, Bangka Belitung akan bertemu Kalimantan Timur. Dan Gorontalo menghadapi Papua. Chris Leo Yarangga, pelatih Sepak Bola PON Papua puas timnya memastikan lolos ke babak delapan besar walaupun masih ada satu pertandingan melawan Gorontalo.

“Senang sekali, kesuksesan ini harus kami syukuri, tapi perjuangan anak-anak belum selesai, target kami harus masuk final,” kata Chris seusai pertandingan.(Andre*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tim PON Papua ke Delapan Besar, Kalahkan Bangka Belitung 2-1