TNI Panen Raya Bersama Masyarakat Senggi

share on:
Danrem 172/PWY Kolonel Inf. Tegus Pudjo Rumekso didampingi Dansatgas Pamtas Raider 700/PWC Letkol Inf. Horas Sitinjak bersama masyarakat saat melakukan panen raya di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom – Jubi/Roy Ratumakin.
Danrem 172/PWY Kolonel Inf. Tegus Pudjo Rumekso didampingi Dansatgas Pamtas Raider 700/PWC Letkol Inf. Horas Sitinjak bersama masyarakat saat melakukan panen raya di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG melakukan panen raya bersama masyarakat Kampung Senggi, Kabupaten Keerom, Kamis (14/9/2016).

Panen raya di depan Pos Kotis Satgas Pamtas Raider 700/PWC itu dihadiri Komandan Korem (Dandrem) 172/PWY Kolonel Inf. Tegus Pudjo Rumekso dan ratusan warga.

Beberapa tanaman yang dipanen berupa sayuran seperti sawi, kangkung, kacang panjang, pare dan ketimun.

Dansatgas Pamtas Raider 700/PWC Letkol Inf. Horas Sitinjak mengatakan walaupun sedang bertugas menjaga perbatasan paling Timur Indonesia, mereka juga melaksanakan kegiatan ketahanan pangan secara maksimal.

“Dalam rangka memanfaatkan lahan yang ada di sekitar pos, saya menekankan kepada seluruh jajaran agar aktif melaksanakan kegiatan ketahanan pangan.” katanya.

Menurut dia sejak awal bertugas dirinya bertemu dengan tua-tua adat dan kepala kampung di distrik tersebut. Pihaknya pun disarankan agar memberikan contoh bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar kepada warga.

“Ini contoh yang sudah kami berikan kepada masyarakat, harapannya dengan contoh yang kami berikan ini masyarakat bisa melanjutkannya dengan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Danrem 172/PWY Kolonel Inf. Tegus Pudjo Rumekso mengharapkan agar masyarakat memanfaatkan alam dengan baik.

“Saya harap masyarakat bisa menggunakan dengan baik daerah ini karena dilihat dari kondisi alam sangat mendukung untuk bercocok tanam,” katanya.

Selain panen raya warga juga menerima bantuan sembako berupa 1,1 ton beras, 60 kardus mie instan dan pakaian layak pakai 3 koli.

“Sembako yang diberikan kepada masyarakat merupakan bukti keberhasilan pelaksanaan ketahanan pangan di jajaran Satgas Yonif Raider 700/WYC, dikarenakan kebutuhan pangan sudah tercukupi dari hasil panen sayur-mayur,” kata Tegus.

Ia juga berpesan kepada Dansatgas Yonif 700/Raider agar dapat menggerakkan dan membantu masyarakat bercocok tanam dengan membentuk kelompok tani di sekitar lahan tidur sekitar Pos Kotis Satgas Yonif Raider 700/WYC.

“Jangan karena kondisi tanah di sini subur masyarakat menanam ganja. Itu sangat berbahaya dan dampaknya sangat tidak baik,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TNI Panen Raya Bersama Masyarakat Senggi