1000 Hari Pertama Periode Emas, Penting Untuk Anak

share on:
Sosialisasi Pentingnya 1000 Hari Pertama Periode Emas Kehidupan Bayi, di Dogiyai, Sabtu (17/9/2016) - JUBI/Agus Tebai
Sosialisasi Pentingnya 1000 Hari Pertama Periode Emas Kehidupan Bayi, di Dogiyai, Sabtu (17/9/2016) – JUBI/Agus Tebai

Dogiyai, Jubi – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarha (PKK) Propinsi Papua, menggelar Sosialisasi Pentingnya 1000 Hari Pertama Periode Emas Kehidupan Bayi, di Dogiyai, Sabtu (17/9/2016).

Pokja II PKK Propinpis Papua, Rosna Nian mengatakan kegiatan merupakan kelanjutan dari  visi misi Gubernur Papua, Lukas Enembe yang telah mencanangkan program 1000 hari pertama periode emas.

“Yang maksud dengan 1000 hari pertama periode emas adalah kehidupan masa pertumbuhan anak, yang dimulai dari kehidupan janin selama 9 bulan di kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun. Pada periode emas ini terjadi fase tumbuh otak yang paling cepat dan kritis sehingga menjadi periode paling penting dalam hidup seorang,” ujar Rosna Nian.

Sebab itu, kata dia, program ini menyasar Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak baduta (bayi di bawah umur 2 tahun ).

“Maka itu, kepada ibu- ibu selama kehamilan agar makan lebih banyak dan beraneka ragam serta minum–minum yang banyak. Terus juga periksa kehamilan minimal 4 kali kepada petugas Kesehatan,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, dimulai sejak janin hingga berusia 2 tahun agar penuhi kebutuhan kesehatan dan gizinya.

Dia mengharapkan lewat sosialisasi itu ibu-ibu dapat menyadari pentingnya mengikuti program imunisasi ke Posyandu sehingga bisa mempersiapkan dan menumbuhkan generasi – generasi penerus emas ke depan.

Di tempat yang sama, Yohana Yobee, Ketua PKK Dogiyai mengapreasi program yang telah dicanangkan dari Propinsi tersebut. Ia mengatakan kegiatan dari Propinsi terus bertambah.

“Kegiatan seperti ini juga membantu masyarakat dalam hal pengembangan dan menambah pengetahuan tentang pentingnya menyelamatkan anak – anak, terutama kepada ibu – ibu selama hamil hingga menyusuinya,” ungkapnya.

Sehingga, kata dia, setelah Ibu memahaminya anak akan tumbuh kembang yang sehat , cerdas dan aktif.

“ Untuk itu, kepada bapak ibu mari kita sambut baik pentingnya 1000 hari pertama periode emas kehidupan bayi ,” ujarnya. (Agus Tebai)

 

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  1000 Hari Pertama Periode Emas, Penting Untuk Anak