Gubernur Optimistis Kontingen Papua Raih Prestasi Terbaik

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe Bersama Istri - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe Bersama Istri – Jubi/Alex

Bandung, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe optimistis kontingen Papua mampu meraih prestasi terbaik, di ajang olahraga empat tahunan PON, yang saat ini sementara sedang berlangsung di Jawa Barat.

“Target kita tidak muluk muluk, yakni masuk 10 besar perolehan medali. Semoga ini tercapai,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Bandung, Minggu (18/9/2016).

Gubernur mengaku, keyakinan dirinya akan prestasi kontingen Papua mengacu pada perolehan medali tim pada saat berlaga di Pra PON, atlet Papua mampu meraih 50 medali emas di berbagai cabang olahraga.

“Pra PON kita mampu raih 50 medali emas, minimal hasil dari pra PON itu kita bisa mencapai 30 medali emas atau lebih dari itu,” ujarnya.

Menurut ia, untuk meraih prestasi pada event olahraga nasional empat tersebut. Papua mengikutkan atletnya sebanyak mungkin, atlet Papua kedua terbanyak setelah tuan rumah.

“Melihat kondisi yang ada kita tidak bisa kejar dengan atlet yang ada di pulau Jawa terutama tuan rumah, tadi kita lihat Jabar mempertandingkan atau mengikutkan atlet jumlah besar. Kita nomor dua dari Jabar untuk jumlah atlet, kita harap bisa mencapai hasil maksimal,” kata Enembe.

Sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020, atlet atlet Papua yang berjuang pada PON Jabar ini dapat menunjukkan prestasinya dengan harapan harapan target masuk 10 besar dapat tercapai. “Kita harap prestasi anak-ana bisa mencapai itu,” tambahnya.

Disinggung soal perolehan medali kontingen Papua yang telah berhasil menyumbangkan 1 medali emas dari cabang olahraga selam nomor renang atas nama Margareta Herawati dan 2 perak serta 2 perunggu dari dayung, Lukas Enembe berharap atlet atlet lain dapat menyumbangkan medali terutama dari Margareta Herawati yang akan kembali mengikuti satu nomor lomba.

“Ini sumbangan pertama untuk emas Papua, mudah-mudahan yang lain bisa mengikuti dengan memperoleh medali emas. Karena pertama Margerata mau maju lagi lomba berikut, kita bisa meraih medali lagi,” ujarnya.

Seperti diketahui perolehan medali PON XIX sampai dengan Sabtu, 17 September 2016, kontingen berada pada urutan 9 perolehan medali.

Sementara tuan rumah Jawa Barat terus melaju di perolehan medali PON XIX. Mengantongi 23 emas, 12 perak, dan 14 perunggu, posisi Jabar di puncak perolehan medali belum tergeser.

Urutan tiga besar perolehan medali belum berubah. Menyusul Jabar, DKI Jakarta di tempat kedua mengumpulkan 40 medali, dengan rincian 13 emas, 13 perak, dan 14 perunggu. Sementara Jawa Timur tetap berada di posisi ketiga dengan 6 emas, 12 perak, dan 13 perunggu. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Optimistis Kontingen Papua Raih Prestasi Terbaik