Inggris Larang Ambil Ikan di Pitcairn

share on:

Washington, Jubi – Inggris melarang pengambilan ikan untuk keperluan komersial di wilayah kekuasaannya seluas jutaan kilometer yang berada di perairan Atlantik dan Pasifik, termasuk di antaranya di Pitcairn.

Pulau Pitcairn -- wikipedia.com
Pulau Pitcairn — wikipedia.com

Total wilayah Inggris yang menjadi kawasan proteksi kekayaan laut itu meliputi dua kawasan pulau di Pasifik dan Atlantik, yaitu; wilayah Pitcairn seluas 840.000 kilometer persegi di mana banyak lokasi menjadi sarang pemberontak, wilayah St. Helena seluas 445.000 kilometer persegi di selatan Atlantik yang merupakan tempat bersarangnya lumba-lumba dan hiu.

Mendatang, ketentuan yang sama juga akan diterapkan di kawasan lainnya di Atlantik pada tahun 2019. Menteri Negara urusan Eropa dan Amerika, Sir Alan Duncan mengatakan bahwa melindungi kawasan laut seluas 4 juta kilometer persegi sudah merupakan prestasi membanggakan yang merefleksikan kejayaan Inggris dari masa lalu hingga masa modern yang ramah lingkungan.

Di kawasan-kawasan itu, Inggris melarang pengambilan ikan komersial kecuali untuk kepentingan subsisten para penduduk. Memancing masih diperbolehkan di beberapa titik khusus. Namun, penambangan minyak sama sekali dilarang.

Pengumuman kebijakan ini berlangsung di Konferensi “Our Oceans” yang berlangsung di Washington, Inggris. Kebijakan ini lahir tidak berselang lama dari kebijakan serupa yang diumumkan Amerika Serikat dan digembar-gemborkan sebagai pembuktian komitmen negara itu terhadap penanganan dampak perubahan iklim.

Beberapa waktu lalu, AS melarang aktivitas pengambilan ikan di wilayah kekuasaannya di Atlantik seluas 5.000 kilometer persegi di Northeast Canyons dan Seamounts. Sebelumnya, Barrack Obama juga mengumumkan ekspansi wilayah konservasi laut Papahānaumokuākea di Hawaii.

Nuansa saling lomba memperluas kawasan konservasi laut antara kedua Negara besar itu sangat terasa. Dalam pidatonya, Duncan menyindir AS yang mengklaim memiliki kawasan konservasi laut terbesar di dunia. “Hingga pekan lalu, kawasan Pitcairn masih yang terluas di dunia. Namun, Presiden Obama semacam mengklaim bahwa mereka punya konservasi laut terbesar di Hawaii. Namun, kita senang karena ini baik untuk dunia dan kami ucapkan selamat untuk AS,” ujar Duncan. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : pina.com.fj
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Inggris Larang Ambil Ikan di Pitcairn