Kasus Raskin, Polres Merauke Tetapkan Seorang Tersangka

share on:
Raskin di gudang Bulog Sub Divre Merauke untuk masyarakat di kampung-kampung. Jubi/Frans L Kobun
Raskin di gudang Bulog Sub Divre Merauke untuk masyarakat di kampung-kampung. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufiq Irpan Awaluddin mengungkapkan, pihaknya telah melakukan gelar perkara kasus beras miskin (raskin) sebanyak tiga kali.  Dari gelar perkara dilakukan, sudah ditetapkan salah seorang menjadi tersangka.

“Memang sudah ada tersangkanya. Namun, saya belum bisa menyebutkan jabatan maupun identitasnya. Apakah itu aparatur kampung, distrik atau masyarakat biasa, nanti kita lihat selanjutnya,” ujar Kapolres di ruang kerjanya Jumat (16/9/2016).

Kapolres menjelaskan, dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP), ditemukan adanya kerugian negara sebanyak Rp 400 juta.

Namun demikian, lanjut Kapolres, akan dilihat perkembangan selanjutnya, setelah penetapan seorang tersangka. “Ya,  nanti kita lihat apakah ada penambahan tersangka atau tidak. Tetapi intinya, polisi sudah bekerja semaksimal mungkin dan menetapkan seorang tersangka,” katanya.

Ditegaskan, dalam mengungkap suatu kasus korupsi, tidak bisa hanya kepolisian  menentukan. Tetapi perlu mendengar keterangan para saksi ahli maupun dari BPKP. Begitu juga, proses penyelidikan maupun penyidikan, membutuhkan waktu.

Ditambahkan, orang yang sudah ditetapkan tersangka, belum dilakukan  penahanan. Meski sudah tersangka, tidak serta merta ditangkap dan diamankan untuk proses hukum lebih lanjut.

Salah seorang Tokoh Pemuda Marind, Fransiskus Ciwe beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya meminta kepada aparat kepolisian agar mengusut tuntas kasus  dugaan penyelewengan raskin tahun 2014 silam.

“Kami memberikan waktu kepada kepolisian dan jika tidak segera menetapkan tersangka, maka pihaknya akan melakukan aksi demonstrasi dengan menurunkan massa dalam jumlah lebih banyak lagi,” tegasnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kasus Raskin, Polres Merauke Tetapkan Seorang Tersangka