Penangkapan Irman Gusman Mencoreng Parlemen

share on:

Jakarta, Jubi – Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mengemukakan penangkapan Ketua DPD RI Irman Gusman oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi akan mempengaruhi kepercayaan publik terhadap parlemen Indonesia.

Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie. -- antaranews.com
Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie. — antaranews.com

“Tanpa kasus ini saja, masyarakat sudah selalu berpikir negatif terhadap parlemen. Dengan kasus ini maka benar-benar akan menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada parlemen,” kata Marzuki kepada di Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Dia mengaku malu dan sedih dengan ditangkap Irman Gusman terkait kuota impor gula. Marzuki juga heran dengan sedikit kewenangan saja, anggota DPD termasuk ketuanya bisa bermain proyek. “Bagaimana jika DPD mendapatkan kewenangan yang lebih besar?,” katanya.

Ketua DPD RI Irman Gusman ditangkap penyidik KPK atas tuduhan korupsi kuota impor gula pada Jumat (16/9/2016) di kediamannya. “Ini tidak punya kewenangan atau sedikit kewenangan saja, mereka yang tertangkap tangan ini bisa menjadi calo proyek, gimana kalau kewenangannya ditambah seperti yang mereka selalu inginkan?,” katanya.

Marzuki mengemukakan, ketika dirinya menjadi ketua DPR periode 2009-2014 sempat bersitegang dengan pimpinan DPD terutama terkait pembangunan kantor perwakilan DPD di daerah. Hal ini karena banyak ketidakwajaran dalam proyek tersebut.

“Buat saya aneh saja, ketika itu mereka ‘menyerang’ DPR dengan rencana pembangunan gedung DPR, tapi mereka sendiri mau bangun gedung DPD di daerah dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal. Ketika itu saya lawan dan tidak jadi,” katanya.

Keanehan pertama, menurut Marzuki, karena harga yang dianggarkan di luar batas normal dan sangat mahal. Kedua, untuk apa membangun kantor perwakilan megah di daerah, sementara mereka selalu berkantor di Jakarta dan hanya ketika reses saja ke daerah.

“Itu anggarannya miliaran rupiah. Mereka mau bangun gedung mewah. Untuk apa?,” katanya. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penangkapan Irman Gusman Mencoreng Parlemen