5 Anggota KNPB Yahukimo Ditangkap, Massa Lanjutkan Aksi

share on:
Aksi Damai KNPB Yahukimo di Dekai, 19/9/2016 – JUBI/Piter Lokon
Aksi Damai KNPB Yahukimo di Dekai, 19/9/2016 – JUBI/Piter Lokon

Yahukimo, Jubi – Lima orang anggota KNPB Wilayah Yahukimo kembali ditangkap saat demo damai, Senin (19/9/2016), di pertigaan Ruko ke Pasar Baru, Dekai, Kabupaten Yahukimo, oleh satuan Brimob sekitar pukul 8 pagi.

Penangkapan tersebut terjadi saat orasi politik berlangsung di tengah-tengah ribuan massa KNPB dan rakyat Yahukimo.

“Kami ditangkap oleh anggota Brimob yang saat itu datang dengan mobil  Avanza hitam dengan senjata lengkap dan kepung kami. Mereka bilang jangan ada yang lari, kalau ada yang lari kami tembak,” kata Mito Bahabol anggota KNPB yang ditangkap, sambil menirukan perkataan seorang anggota Brimob.

Menghindari jatuhnya korban di pihak KNPB dan masyarakat, lanjut dia, pihaknya menuruti permintaan Brimob.

“Jangan sampai anggota KNPB dan masyarakat jadi korban, sehingga kami yang pimpin di titik ruko angkat tangan, dan kelima orang itu sempat ditendang dengan sepatu Lars. Kemudian kami dibawa dengan menggunakan truk Dalmas milik anggota Polisi yang saat itu dipakai oleh anggota Brimob,” ujarnya.

Mito melanjutkan, bahwa mereka tidak diberikan izin aksi di lapangan terbuka kantor bupati lama dan aparat menghadang mereka di Jalan Gunung.

Aminus Balingga, Ketua PRD Yahukimo yang ditemui disela-sela aksi mengatakan kegiatan aksi tetap berlangsung. “Tetapi kami sudah laksanakan aksi dukungan kepada negara-negara Pasifik yang tergabung dalam  Pacific Islands Coalition on West Papua (PICWP) yang akan bicara dalam sidang Umum PBB terkait persoalan Pelanggaran HAM Papua  untuk penentuan nasib sendiri,” ujarnya ketika aksi mulai usai.

Kapolres Yahukimo, AKBP Anthony B. Maring, ketika ditemui wartawan Jubi mengatakan bahwa sehari sebelumnya ada surat pemberitahuan KNPB yang diantarkan ke pihak Polres Yahukimo.

“Kami terima surat tersebut, namun pihak KNPB tidak datang ambil surat tanda terima yang di keluarkan oleh kepolisian Polres Yahukimo. Kami menangkap mereka karena ada orasi dan pengumpulan massa. Kalau mereka langsung ke tempat aksi maka kami tidak tangkap,” ujar  Anthony Maring menjelaskan.

Kapolres juga mengatakan karena ada kumpul-kumpul maka pasti pihaknya akan bubarkan. “Tetapi yang ditangkap akan dibebaskan setelah kami ambil keterangan, dan kami bisa saja bebaskan sekarang namun perlu didoakan oleh pihak gereja, jadi kami tunggu lalu akan bebaskan,” demikian kata Kapolres Yahukimo.

Koordinator lapangan (Korlap), Yalenang Wakla mengatakan bahwa mereka sudah menghormati undang-undang dengan memasukkan surat 3 hari sebelumnya. “Namun tadi kami di hadang dan terpaksa kami lakukan aksi di pertigaan Jalan Bandara dan jalan Gunung. Kalau sesuai surat pemberitahuan, maka sampai jam 12 siang, namun karena ada tekanan kami lakukan hanya setengah jam saja,” katanya dengan nada kesal.

Sekretaris I KNPB, Mecky Yeimo, mengatakan Senin (19/9/2016) malam bahwa semua yang ditangkap di Yahukimo sudah dibebaskan. Sehari sebelumnya, 21 orang anggota KNPB juga ditangkap karena menyebarkan selebaran, dan dibebaskan pada sore harinya. (Piter Lokon)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  5 Anggota KNPB Yahukimo Ditangkap, Massa Lanjutkan Aksi