Cipta Karya Klaim Sudah Bangun 650 Rumah

share on:
Kepala Bidang Cipta Karya dan Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum Papua, Yan Ukago - Jubi/Alex
Kepala Bidang Cipta Karya dan Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum Papua, Yan Ukago – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Bidang Cipta Karya dan Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua mengklaim, sampai dengan akhir 2015, sudah membangun sebanyak 650 unit rumah layak huni bagi masyarakat.

Kepala Bidang Cipta Karya dan Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum Papua Yan Ukago, mengatakan pihaknya optimistis sampai akhir 2017, sudah membangun sebanyak 900 unit rumah di Papua.

“Kami yakin mampu mencapai target membangun 900 rumah hingga akhir tahun ini,” kata Yan Ukago kepada wartawan, di Jayapura, Senin (19/9/2016).

Menurut Ukago, kesepakatan Memorandum of Undarstanding (MoU) Pemerintah Provinsi Papua bersama Pemerintah Pusat, menyepakati pembangunan 13 ribu rumah di seluruh Papua. Target itu, diyakini mampu tercapai dalam satu periode masa pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe – Klemen Tinal.

“Kalau dihitung dengan 2016 yang akan dibangun sekitar 200-an, maka diharapkan target 900 unit rumah ini bisa tercapai hingga akhir tahun. Apalagi kita masih punya beberapa bulan untuk menyelesaikan pembangunannya,” ujarnyaa.

Ia tekankan, keyakinan pihaknya untuk menyelesaikan pembangunan 13 ribu rumah di Papua bisa terwujud, karena hal ini juga telah di program Dinas Sosial dan Permukiman.

“Belum lagi untuk perumahan yang dibangun oleh pemerintah kabupaten. Sebab kita ketahui bapak Gubernur Papua Lukas Enembe menerapkan kebijakan dengan memberikan langsung dana Otsus sebesar 80 persen Papua dikelola oleh kabupaten,” kata Ukago.

“Kami tetap fokus pembangunan rumah layak huni dengan tipe 45,” tambahnya.

Sementara menyinggung soal pemangkasan anggaran, dirinya mengaku cukup berpengaruh pada sejumlah kegiatan yang sebelumnya telah ditender namun dengan terpaksa harus dibatalkan. Termasuk pembangunan pasar bagi mama Papua.

“Sampai saat ini pembangunan pasar belum juga dimulai pembangunannya. Tapi mungkin saja akan segera dikerjakan usai APBD Perubahan disahkan kemarin. Intinya kami harap bisa segera mulai, sehingga dapat difungsikan sebesar-besarnya untuk kemajuan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat asli Papua,” kata Yan Ukago.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Permukiman Papua Ribka Haluk, mengatakan tahun ini pihaknya akan kembali membangun rumah layak huni bagi masyarakat di beberapa kabupaten yang tersebar di lima wilayah adat.

Dimana tahun ini 408 unit rumah akan dibangun di Kabupaten Merauke sebanyak 95 unit, Dogiyai 35 unit, Kabupaten Jayapura 10 unit, Sarmi 10 unit, Keerom 10 unit dan Kota Jayapura 8 unit.

“Pembangunan rumah ini sesuai dengan program gubernur yang menargetkan pembangunan rumah sebanyak 13 ribu unit sampai 2018,” kata Ribka.

Ia menjelaskan, dari 408 unit rumah yang akan dibangun tahun ini, 45 unit anggarannya bersumber dari APBD. Sementara sisanya bersumber dari dana APBN Kementerian Sosial.

“Jadi tidak semua bersumber dari APBD, namun sebagian dibiayai oleh APBN atau dana sharing,” ujarnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Cipta Karya Klaim Sudah Bangun 650 Rumah