Fraksi Gerindra Ingin Ada Dana Asrama Mahasiswa Dalam APBD 2017

share on:
Perwakilan DPR Papua usai Berdialog dengan mahasiswa Papua yang kuliah di Bali, Mei 2015 lalu - Jubi/Doc
Perwakilan DPR Papua usai Berdialog dengan mahasiswa Papua yang kuliah di Bali, Mei 2015 lalu – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPR Papua mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Papua agar pada APBD Induk 2017 mendatang ada alokasi anggaran pembangunan asrama untuk mahasiswa Papua di beberapa kota studi yang belum mempunyai asrama.

Ketua Fraksi Gerindra, Radius Simbolon mencontohkan, salah satu kota studi yang belum ada asrama mahasiswa Papua yakni Denpasar, Bali. Padahal jumlah mahasiswa Papua di Pulau Dewata cukup banyak.

“Namun mahasiswa Papua di Bali belum memiliki asrama yang layak. Kami mengusulkan Pemprov Papua bisa merealisasikan pembangunan asrama mahasiswa di beberapa kota studi pada APBD 2017 mendatang,” kata Radius Simbolon akhir pekan lalu.

Katanya, jika pembangunan asrama mahasiswa di sejumlah daerah dianggap akan membebani keuangan provinsi, ia menyarankan agar ada upaya mendorong anggaran pembangunan asrama mahasiswa itu bersumber dari dana Otsus yang diberikan ke kabupaten/kota.

“Dalam sidang APBD perubahan dua pekan lalu, Fraksi Gerindra sudah mengusulkan hal tersebut. Asrama merupakan salah satu fasilitas penunjang mahasiswa Papua. Ini juga menghindari timbulnya kecemburuan sosial diantara mereka,” ucapnya.

Sekretaris Fraksi Gerindra, Natan Pahabol mengatakan hal yang sama. Menurutnya, kini mahasiswa Papua yang menuntut ilmu di luar Papya sudah merata di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

“Namun belum semua mahasiswa Papua memiliki asrama di kota-kota studi di luar Papua. Ini perlu menjadi perhatian pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,” kata Natan.

Di Papua lanjut dia, fraksinya mengingatkan pemerintah setempat agar terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kami menilai pendidikan perlu perhatian yang lebih besar untuk peningkatan kualitas dan kuantitas guru di seluruh pelosok Papua,” imbuhnya. (*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fraksi Gerindra Ingin Ada Dana Asrama Mahasiswa Dalam APBD 2017