Kepala Polisi Diancam Dibunuh Pakai Sihir

share on:

Northern, Jubi – Sebagai seorang polisi di Papua Nugini, ancaman mati sudah biasa. Namun, Komandan Polisi di Provinsi Northern Papua Nugini, Lincoln Gerari kaget bukan main. Ia menerima ancaman mati dari seseorang tak dikenal dengan cara disihir.

Potongan kliping berita tentang pembunuhan karena sihir. – asia.pacific.edu
Potongan kliping berita tentang pembunuhan karena sihir. – asia.pacific.edu

Kasus kematian karena dibunuh massa dengan tuduhan sebagai pelaku sihir masih banyak terjadi di wilayah perkampungan Papua Nugini. Kehadiran polisi di perkampungan yang masih minim menjadi peluang massa bertindak main hakim sendiri.

Lincoln ditugaskan memimpin pasukan kepolisian di desa Katuna di wilayah pantai utara provinsi Northern di mana kasus pembunuhan karena sihir banyak terjadi. Namun, kini malah dia sendiri yang kena ancam. “Saya tidak mengerti orang-orang ini. Mereka membunuh orang lain setelah menuduh orang tersebut sebagai pelaku sihir. Namun, mereka tidak bisa membuktikannya dan tetap saja membunuh. Mereka akan kena hukuman penjara karenanya,” ujar Lincoln.

Ia menambahkan, baru-baru ini ada pembunuhan barbar yang menimpa seorang ayah berusia 45 tahun dan anak laki-lakinya berusia 29 tahun. Kepala mereka dipenggal oleh warga Desa Mora di distrik Ijivitari karena dituduh menjadi pelaku sihir.

“Ini saatnya pemerintah memperketat pelaksanaan UU Anti Sihir. UU ini akan menjadi landasan hukum bagi polisi untuk menangkapi para pelaku dan melindungi nyawa orang tak berdosa dari pembunuhan dengan alasan sihir seperti itu,” ucapnya.

Pada kasus lain, 12 orang ditangkap karena mengejar-ngejar seorang pria yang dituduh sebagai pelaku sihir. Mereka lalu membakar rumah pria tersebut dan menghancurkan ladangnya di Desa Uvivi.

Lincoln mendesak agar pemerintah segera memberlakukan UU Anti sihir agar polisi dapat segera bertindak untuk kasus-kasus kriminal yang terkait dengan tuduhan sihir. “Saya ingin pemerintah segera berbuat sesuatu untuk menghentikan segala pembunuhan yang terkait dengan tuduhan sihir,” ujar Lincoln.  (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : postcourier.com.pg
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kepala Polisi Diancam Dibunuh Pakai Sihir