Puluhan Aktivis KNPB dan Simpatisan Ditangkap Polisi

share on:
Puluhan Aktivis KNPB dan Simpatisan Ditangkap di Aula Polres Merauke Guna Menjalani Proses Pemeriksaan Lebih Lanjut - Jubi/Frans L Kobun
Puluhan Aktivis KNPB dan Simpatisan Ditangkap di Aula Polres Merauke Guna Menjalani Proses Pemeriksaan Lebih Lanjut – Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Puluhan aktivis Komite Nasional  Papua Barat (KNPB) termasuk ketuanya, Emerikus Gento serta para simpatisan, ditangkap aparat Polres Merauke dari beberapa titik, sebelum adanya aksi demonstrasi yang akan dipusatkan di Tugu Pepera.

Para anggota KNPB bersama simpatisan yang berjumlah 89 orang itu, diangkut menggunakan mobil polisi di beberapa tempat seperti Kelapa Lima, Onggatmit, belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) serta Lepro. Mereka langsung dibawa ke Polres Merauke.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufiq Irpan Awaluddin kepada Jubi di ruang kerjanya Senin (19/9/2016) mengatakan, dari jumlah tersebut, 20 telah diamankan semalam. Sedangkan sisa baru tadi pagi yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Marthen Koagouw.

Saat ini, lanjut Kapolres, puluhan anggota KNPB bersama simpatisan, masih menjalani pemeriksaan. “Saya belum mendapatkan laporan dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) tentang rencana aksi yang dilakukan. Jika ada tindakan mengarah kepada kriminal, akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” katanya.

Namun sebaliknya, jelas Kapolres, kalau tak ada unsur pidana setelah pemeriksaan, akan dipulangkan. Tetapi sebelumnya, diberikan pembinaan terlebih dahulu.

Kapolres mengakui, sebagian besar yang akan mengikuti aksi itu, hanya karena dipengaruhi, setelah adanya selebaran diedarkan dengan mengajak orang  anti terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Meskipun akan dipulangkan, namun jika kedapatan lagi dengan melakukan rapat gelap untuk merongrong NKRI, ditangkap dan diproses sesuai aturan hukum,” tegas Kapolres lagi.

Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Marthen Koagouw mengakui jika massa KNPB bersama simpatisan, belum sempat melakukan aksi demonstrasi. Mereka sedang berkumpul di beberapa titik. Sehingga langsung diambil langkah dengan membawa ke  Polres.

“Anggota kami masih melakukan pendataan terhadap identitas pentolan KNPB bersama simpatisan. Sehingga menjadi pegangan. Memang semalam sebagian diamankan, lantaran melakukan rapat gelap. Sedangkan sisa, tadi pagi langsung diangkut dengan mobil ke Polres Merauke,” tuturnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puluhan Aktivis KNPB dan Simpatisan Ditangkap Polisi