Puluhan Calon Guru Garis Depan Ikuti Tes Online

share on:
Guru SM3T saat persiapan berangkat ke tempat tugas di Distrik Napan – jubi/Titus
Guru SM3T saat persiapan berangkat ke tempat tugas di Distrik Napan. – jubi/Titus

SORONG, Jubi – Puluhan pendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) di Papua Barat mengikuti tes yang digelar secara online.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua Barat, Adrian Howay mengatakan, calon guru yang akan mengajar di daerah Tiga T itu dilaksanakan selama tiga hari.

“Peserta tes ini telah lulus dalam tahap tes sebelumnya dan masuk dalam data base Kementerian Pendidikan, sedangka LPMP bertanggung jawab melaksanakan tes,” katanya saat membuka ujian Sabtu,(17/9/2016).

Untuk wilayah Papua Barat, kata Howay, sebanyak 33 peserta mengikuti tes di Kota Sorong, 32 orang di Manokwari, 21 orang di Kaimana, dan 2 orang ikut tes di Fak-fak.

“Peserta ini merupakan guru yang telah mengabdi di daerah Tiga T selama kurang lebih dua tahun, dan memiliki sertifikasi guru,“ katanya.

Dengan adanya tes CASN secara online, kata Howay, semua orang memiliki peluang sama dan sesuai menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan mengikuti jalur tes tersebut.

“Dengan adanya jalur tes yang terbuka seperti ini, masyarakat terutama calon guru bisa memanfaatkan peluang sebaik-baiknya, jika ingin menjadi ASN, ya harus mengikuti tes,“ ujarnya.

Peserta tes, Margaret Daswa mengaku siap ditempatkan di mana saja jika lulus. Menurutnya, itu adalah tanggung jawab sebagai abdi negara untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pemantau pelaksanaan ujian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, H. Hasmi mengatakan, peserta merupakan guru yang telah mengabdi di daerah tiga T dan sudah masuk data base di Kementerian Pendidikan.

“Sepertinya tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian ini, karena didukung dengan jaringan internet yang bagus dan gurunya juga sudah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG),” katanya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puluhan Calon Guru Garis Depan Ikuti Tes Online