Rakor Akselerasi Pembangunan Daerah Perbatasan akan Digelar di Kota Jayapura

share on:

 Perbatasan RI-PNG di Skouw, Wutung, Distrik Muaratami, Kota Jayapura – Jubi/ bumipapua.wordpress.com

Perbatasan RI-PNG di Skouw, Wutung, Distrik Muaratami, Kota Jayapura – Jubi/ bumipapua.wordpress.com
Jayapura, Jubi – Kepala Badan Perbatasan Kota Jayapura, Amos Solossa mengatakan pihaknya telah menggelar rapat terkati persiapan Kota Jayapura sebagai tuan rumah.

Rapat Koordinasi Akselarasi Pembangunan Daerah Perbatasan yang akan dilaksanakan tanggal 28-29 September 2016.

Beberapa pejabat kementerian yang bakal hadir, di antaranya, Kepala Badan Perbatasan Pusat, Kementrian PU Kementrian Priwisata dan Kementrian Perhubungan.

“Kita akan mempresentasikan program strattegis pembangunan pertanian di kawasan perbatasan agar program pemerintah dan kementrian lembaga dan kementrian terkait,” kata Amos Salosa di Jayapura, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia kegiatan itu akan memaparkan program pembangunan dalam bidang pertanian di kawasan perbatasan dan akan ditanggapi kementerian. Selain itu ada program yang akan dilakukan pada tahun 2017, seperti program pembangunan pertanian terpadu di Kota Jayapura yang akan dilakukan di Skouw Yambe, Skow Mambo dan Kampung Moso, Distrik Muaratami.

“Masyarakat sudah menyiapkan lahan untuk kegiatan pembangunan terpadu, sehingga dibangun dengan sekian hektar akan diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Ia melanjutkan program terpadu ini adalah program pengembangan sapi dan budidaya ikan.

“Jika berhubungan dengan jalan maka Dinas Pekerjaan Umum membuat jalan, jika membutuhkan kolam ikan kementrian perikan menaggulanginya,” katanya.

Ia pun mengharapkan agar ada pangan lokal yang dikembangakan serius oleh dinas dinas terkait.

“Kita juga akan melakukan pengembangan sagu dimana ada sagu ada kolam ikan kita tidak hilangkan, tetapi akan kembangkan program yang diluncurkan pertanian terpadu sehingga daerah nanti semua SKPD bisa kelola satu bagian. Satu pekerjaan diselesaikan dalam waktu dekat,” kata Amos Salosa.

Seperti diberitakan Okezone.com, Selasa (29/3/2016), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Pandjaitan meminta pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) kantor Perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) di Skow Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, dapat dikerjakan dengan baik. Hal itu lantaran program tersebut digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Proyek ini adalah program Presiden Jokowi. Dan menurut saya, ini sangat penting. Kami tidak ingin perbatasan itu kumuh, karena perbatasan itu mencerminkan apa itu Indonesia,” kata Luhut ketika itu.

Pembangunan Pos Lintas Batas Negara dibangun dengan lahan seluas 10 hektare, yang rencananya akan selesai pada akhir 2016. Sementara anggaran pembangunan dianggarkan melaui melalui APBN tahun 2016 dengan menghabiskan dana sebesar Rp165 miliar. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rakor Akselerasi Pembangunan Daerah Perbatasan akan Digelar di Kota Jayapura