BTM – HaRUS Resmi Diusung 8 Parpol

share on:
Bakal calon wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) dan wakilnya Haji Rustam Saru (BTM - Harus) ketika menggelar konferensi pers bersama delapan partai pendukung untuk maju di pilkada 2017 - Jubi/Hengky Yeimo
Bakal calon wali kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) dan wakilnya Haji Rustam Saru (BTM – Harus) ketika menggelar konferensi pers bersama delapan partai pendukung untuk maju di pilkada 2017 – Jubi/Hengky Yeimo

Jayapura, Jubi – Bakal calon wali kota Jayapura periode 2017 – 2022, Benhur Tomi Mano atau BTM dan wakilnya Haji Rustam Saru (BTM –HaRUS) secara resmi diusung delapan partai politik (Parpol) untuk maju di pilkada tahun 2017.

Partai-partai itu antara lain; PKB 3 kursi, Nasdem 3 kursi, Hanura 4 kursi, PAN 4 kursi, PKPI 4 kursi, Golkar 7 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi dan Gerindra 4 kursi.

“Total pendukung BTM-HaRUS ialah 33 kursi,” kata BTM di Abepura, Selasa (20/9/2016).

Beberapa pimpinan partai pengusung hadir dalam konferensi pers koalisi partai pendukung, seperti Ketua Partai Hanura Fredrik Mebri, Ketua Partai PDIP Mukri Hamadi, Ketua Partai PKPI Muhamad Tahmrin, Ketua Partai PKB Haji Zubaidah Onny, Ketua Partai Gerindra Budi Dayani, Ketua Partai Golkar Yohan Marlem Enggelbert Tjoe, Ketua Partai Nasdem Rudi Mebri dan Sekertaris Partai PAN Kenan Siapayung.

Menurut BTM masing-masing ketua partai sudah menyerahkan langsung dengan surat B1-KWK 1 Partai Politik, sesuai dengan aturan parpol bukti untuk daftar dan itu sudah ada ditangan kita dan itu sah.
Rabu, 21 September 2016, sekitar pukul 09.00 WIT bakal calon BTM – HaRUS mendeklarasikan diri di GOR Waringin Abepura sekaligus mendaftar di KPU.

“B1-KWK Parta Politik PKB, Nasdem, Hanura, PAN, PKPI, Golkar, Partai PDI, Gerindra ini semuanya diberikan dari dewan pengurus pusat untuk mendukung BTM- HaRUS,” kata Tomi Mano.

Dikatakan mengenai rekomendasi partai PKPI yang resmi memberikan bakal calon ialah ketua Haris Sudarno dan Samuel Samson berdasarkan surat dari Kementerian Hukum dan HAM.

“Ketua umum PKPI Indonesia dalam data base, yang semula ketum Isra Noor berubah menjadi Pjs. hari itu dibentuk sesuai dengan mekanisme ditentukan,” ujarnya.

Ia melanjutkan Golkar telah memberikan model B-KWK 1 parpol dari DPP pusat yang ditandatangani oleh Ketua Umum Setya Novanto dan Idrus Marhan DPP dalam surat itu menerangkan DPP Golkar memutuskan untuk melakukan perubahan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Jayapura.

“Yang semula Sdr. Abisai Rollo dan Dipo Wibowo diubah menjadi Benhur Tomi Mano dan Rustam Saru sebagai pasangan calon kepala daerah tahap kedua tahun 2017,” katanya.

Maka DPP Golkar mencabut dan menyatakan tidak berlaku surat DPP Golkar nomor/R-332/GOLKAR/IV/2016 tanggal 2 Juni 2016 diinstruksikan kepada DPRD untuk menindaklanjuti surat keputusan tersebut sesuai dengan ketentuan organisasi.

Calon wakil wali kota Haji Rustam Saru mengatakan Rabu besok mereka mendaftarkan diri. Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada partai pendukung yang mendukung BTM-Harus.

Ia pun mengharapkan agar pilkada 2017 di kota ini berjalan aman dan lancar.

“Jika sudah ada wali kota definitif nanti maka kita bangun kota ini dengan baik,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BTM – HaRUS Resmi Diusung 8 Parpol