Disdik Dorong Berdayakan Guru Lulusan FKIP Uncen

share on:
Suasana loka karya peningkatan mutu tenaga pendidikan se pegunungan tengah Papua di Wamena-Jubi/Islami
Suasana lokakarya peningkatan mutu tenaga pendidikan se-Pegunungan Tengah Papua di Wamena.-Jubi/Islami

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua mendorong kabupaten/kota di wilayahnya untuk memberdayakan guru-guru lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih (Uncen).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Elias Wonda, di Jayapura, Senin (19/9/2016) mengatakan, karena setiap tahunnya Universitas Cenderawasih meluluskan ribuan mahasiswa yang belum terserap secara baik di dunia kerja.

“Setiap bertemu dengan bupati atau wali kota, selalu disampaikan agar mengontrak tenaga guru lulusan FKIP Uncen karena dianggap lebih mengerti kondisi di Papua, daripada mengontrak guru dari luar,” katanya.

Menurut Elias, jika menggunakan guru-guru asal FKIP Uncen, ia meyakini para tenaga pendidik ini sudah mengetahui karakteristik dari masing-masing daerah di Papua, ketimbang menggunakan guru-guru asal luar Papua yang tentunya harus beradaptasi dalam waktu lama.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua rencananya juga akan melakukan pembenahan metode mengajar guru terutama yang berada di wilayah pedalaman Bumi Cenderawasih.

Gubernur Papua Lukas Enembe, mengatakan metode pengajaran harus diperbaiki, karena guru merupakan ujung tombak pendidikan.(*)

Editor : Syofiardi
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disdik Dorong Berdayakan Guru Lulusan FKIP Uncen