DPRD Jayapura Usulkan Pembangunan Sport Center

share on:

Kondisi GOR Kampung Toware, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura. Bagian dalam gedung ini sudah hancur dan dipenuhi pecahan kaca jendela – Jubi/Engel Wally
Kondisi GOR Kampung Toware, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura. Bagian dalam gedung ini sudah hancur dan dipenuhi pecahan kaca jendela – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring meminta kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura agar segera membuat pusat olahraga (sport center) di sekitar Kampung Toware, Distrik Waibhu.

Hal itu dianggap penting karena gedung olah raga (GOR) di Toware sudah rusak dan terkesan tak terurus.

“Langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah adalah menyelesaikan persoalan hak ulayat dimana GOR itu berada. Selanjutnya tempat tersebut dijadikan sebagai pusat semua cabang olahraga yang ada bernaung di bawah KONI,” katanya kepada Jubi di Sentani, Selasa (20/9/2016).

Ia mengatakan hingga kini Papua belum memiliki pusat olahraga. Oleh karena itu, kondisi ini sedianya dijadikan Pemkab Jayapura untuk membangun center sport pada lahan yang tersedia.

GOR Toware merupakan aset Pemkab Jayapura, tetapi tak digunakan, sebab jauh dari pemukiman penduduk. Oleh sebab itu, untuk mengatifkan kembali GOR tersebut harus dibangun pusat olahraga di Toware. Dengan demikian GOR bakal digunakan lagi.

“Sekaligus di dalamnya diberikan ruang bagi sekretariat KONI Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Secara terpisah, anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Stenly Ondykleuw mengatakan kondisi GOR tersebut sangat memprihatinkan.

Menurut dia Jayapura sebenarnya membutuhkan fasilitas-fasilitas olahraga yang dapat membantu generasi muda. Demikian pun para atlet, mereka dapat menyalurkan minat dan bakatnya dengan fasilitas yang tersedia.

“Namun fasilitas yang diharapkan ini sangat memprihatinkan. Kondisinya tidak diurus, bangunannya mulai rusak, fasilitas penujang di dalam GOR juga sudah hancur, pintu-pintu sudah dicabut, kaca-kaca jendelanya pecah semua,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Jayapura Usulkan Pembangunan Sport Center