Enam Raperda Non APBD Rampung Sebelum 30 September

share on:

Asisten I Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri  (kiri) ketika memberikan materi sidang kepada Waket II DPRD Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring - JUbi/Engel Wally
Asisten I Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri (kiri) ketika memberikan materi sidang kepada Waket II DPRD Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring – JUbi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura telah membuka Sidang Paripurna V Masa Sidang III Tahun 2016 dan akan membahas materi sidang.

Materi sidang itu antara lain enam rancangan peraturan daerah (raperda) yang diusulkan eksekutif berdasarkan surat masuk yang diberikan tanggal 16 Sepetember 2016, dengan nomor 188.3/1273/SET.

Dua dari enam raperda yang akan dibahas adalah raperda tentang kampung adat dan raperda pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Jayapura.
Wakil Ketua II DPRD Jayapura, Kornelis Yanuaring, yang memimpin pembukaan sidang tersebut mengatakan pembahasan enam raperda itu diselesaikan sebelum 30 September 2016, karena bulan Oktober sudah masuk dalam pembahasan agenda sidang APBD tahun 2017.

Maka dari itu, DPRD dan fraksi-fraksi harus serius untuk segera menyelesaikan pembahasan sesuai tenggat waktu yang singkat ini.

Ia mengatakan legislatif tidan membahas semua raperda dari enam raperda yang diusulkan.

“Yang agak sulit dan harus teliti dari sekian raperda yang akan dibahas ini adalah Raperda Kampung Adat, karena akan jadi satu perda, maka akan terlihat sangat unik di daerah ini. Memang Perda Kampung Adat yang sangat unik, yang benar-benar menerjemahkan semua kebutuhan masyarakat adat di daerah ini,” katanya, Selasa (20/9/2016).

Bupati Jayapura yang diwakili Asisten I Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri dalam pidatonya mengatakan pembahasan raperda ini merupakan momen kebersamaan dalam mewujudkan masyarakat Jayapura yang senantiasa menjaga, melindungi, memberdayakan dan merestorasi jati dirinya ke arah yang lebih baik.

“Kita berharap agar apa yang dilaksanakan saat ini mejadi sebuah momentum kebersamaan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai abdi negara, tetapi juga sebagai pelayan masyarakat kita di “Bumi Khena Mbay Umbai” tercinta ini,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Enam Raperda Non APBD Rampung Sebelum 30 September