Harga Bawang Merah Terus Melejit

share on:

Ternate, Jubi – Harga bawang merah di Ternate, Maluku Utara (Malut) yang pada pekan lalu hanya Rp 50 ribu per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 56 ribu per kilogram karena terbatasnya stok di pasaran.

Bawang merah. -- blog.umy.ac.id
Bawang merah. — blog.umy.ac.id

Pedagang bawang di Pasar Higienis Ternate, Kirman ketika dihubungi, Selasa (20/9/2016) mengatakan pasokan bawang merah dari Nusa Tenggara Barat, Jawa dan Sulawesi terlambat masuk sehingga stok di Ternate terbatas.

Sedangkan bawang putih yang pada pekan lalu harganya Rp50 ribu per kg, sekarang turun menjadi Rp 46 ribu per kg, namun masih di atas harga normal di daerah ini Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Arief Abdul Gani secara terpisah mengatakan, pihaknya telah meminta kepada distributor bawang merah di daerah ini untuk segera mempercepat pasokan bawang merah dari Sulawesi atau Jawa agar harganya di pasaran Ternate bisa normal kembali.

Selain itu juga meminta kepada para pedagang untuk mengupayakan pengadaan bawang merah lokal dari sejumlah kabupaten di Malut, seperti bawang topo dari Tidore Kepulauan, karena bawang ini juga banyak dimintai masyarakat. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Harga Bawang Merah Terus Melejit