Panwaslu Kota Jayapura Minta KPU Kerja Sesuai Aturan

share on:
Ilustrasi Panwaslu
Ilustrasi Panwaslu

Jayapura, Jubi- Panitia pengawas Pemilu (Panwas) Kota Jayapura meminta Komisi Pemilihan Umum setempat melaksanakan proses pendaftaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengingat proses pendaftaran bakal calon wakil dan walikota Jayapura akan dimulai besok, 21 September 2016.

“Kami cukup kawatir karena peraturan KPU terus berubah-ubah, mengakibatkan petunjuk teknis belum dipahami betul oleh KPU kota,” ujar anggota Panwas Kota Jayapura, Divisi Pencegahan, Yakobus Murafer saat bertandang ke kantor Jubi, Selasa (21/9/2016).

Ia mengingatkan, yang harus menjadi perhatian adal syarat percalonan dan surat persetujuan dari DPP partai di pusat.

Tiga syarat mutlak itu adalah, memperoleh kursi 20 persen atau 25 persen suara sah (berlaku bagi parpol yang memiliki kursi di DPRD), diajukan oleh pengurus yang sah sesuai tingkatannya, dan melampirkan persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing.

“Ketiga syarat mutlak itu harus dipenuhi oleh pasangan calon dalam proses pendaftaran. Pengurus yang sah sesuai tingkatannya dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) kepengurusan yang sah. Sedangkan persetujuan dari DPP dibuktikan dengan SK dari DPP,” jelas Murafer.

Agar proses pendaftaran bakal calon wakil dan wali kota Jayapura akan dimulai sejak 21 hingga 23 September 2016 dapat berjalan lancar, panwas meminta agar pasangan calon segera memberitahukan kepada KPU dan Panwas agar diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada pasangan yang datang di waktu yang sama.

“Selain pemberitahuan ke KPU, seharusnya kami juga diberi tembusan agar kami bisa mengatur waktu sehingga tidak bentrok, apalagi jika saat mendaftar pasangan calon juga membawa massa pendukung. Ini sangat berbahaya,” katanya.

Pendaftaran bakal calon wakil dan wali kota Jayapura akan dimulai sejak 21 hingga 23 September 2016. Sesuai dengan peraturan KPU, hari pertama dan kedua KPU akan membuka pendaftaran sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIT. Sedangkan untuk hari ketiga KPU akan membuka pendaftaran sejak pukul 08.00 hingga pukul 23.59 WIT. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Panwaslu Kota Jayapura Minta KPU Kerja Sesuai Aturan