Pemprov Papua Target Oktober APBD Induk Rampung

share on:
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa'ad - Jubi/Alex
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad – Jubi/Alex

Jakarta, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) menarget pada Oktober 2016 Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) induk 2017 rampung dan dibahas oleh DPRP.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musa’ad, mengatakan untuk memudahkan penyusunan APBD induk. Pemprov Papua akan menggunakan angka tahun 2015.

“Penyusunan APBD induk akan dilakukan tetap tepat waktu. Hal ini sesuai perintah Gubernur, jadi Oktober nanti kami akan serahkan KUA/PPAS ke dewan untuk dibahas,” kata Musa’ad kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Sesuai dengan instruksi Gubernur, penyusunan APBD induk tahun 2017 akan dilakukan secara ketat terutama mengenai program di masing masing SKPD. “Kami akan semakin perketat program kegiatan,” ujarnya.

Untuk mencapai program sesuai RPJMD Pemprov Papua, ujar Musa’ad, setiap program SKPD harus lebih terfokus dan tepat sasaran. Sebab, tahun ini merupakan tahun ketiga kepemimipnan Gubernur. “Mulai sekarang harus dilakukan langkah-langkah efektif agar capain dapat diwujudkan,” tambahnya.

Musa’ad mengingatkan agar setiap SKPD di lingkup pemprov Papua lebih sering membahas program program tahun anggaran 2017. Namun jika ada program yang dibatalkan bukan berarti dicoret, tetapi lebih disebabkan karena adanya pemangkasan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pusat.

“Adanya pemotongan DAU tentunya berdampak pada penyusunan APBD induk. Pemprov Papua akan melakukan langkah-langkah antisipasitif dengan merasionalisasi anggaran yang lebih dijangkau. Kami belum tahu apakah tahun depan akan ada pemotongan lagi atau tidak,” kata Musa’ad.

Meskipun demikian, kata Musa’ad, Pemprov Papua optimistis hal tersebut bisa diselesaikan sesuai dengan rencana, terutama APBD induk dapat dibahas di Oktober dan dapat disahkan pada November.

“Supaya Desember kita bisa lebih tenang sesuai arahan pak gubernur terutama memasuki natal dan tahun baru dapat lebih tenang,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan menetapkan APBD induk 2017 pada Oktober 2016.

“Ini sesuai instruksi pak Gubernur, kami harapkan semua bisa berjalan normal,” kata Hery. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Target Oktober APBD Induk Rampung