Sejumlah SKPD di Kabupaten Jayapura Bakal Disatukan

share on:

Waket II DPRD Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring bersalaman dengan Anggota usai memimpin sidang paripurna V - Jubi/Engel Wally
Waket II DPRD Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring bersalaman dengan Anggota usai memimpin sidang paripurna V – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura bakal menyatukan dan meniadakan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal ini menyusul diberlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah dan Oganisasi Perangkat Daerah.

Perampingan SKPD itu diusulkan dalam rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Jayapura kepada pihak legislatif untuk dibahas lalu disahkan menjadi perda pada sidang paripurna V masa sidang III tahun 2016.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Kornelis Yanuaring mengatakan sejumlah SKPD yang dilebur bahkan ditiadakan, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan dilebur lagi menjadi Dinas PU dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi.

“Sementara Dinas Kebersihan, Pertanaman dan Pemakaman akan disatukan dengan Badan Lingkungan Hidup,” katanya di Sentani, Selasa (20/9/2016).

Ia melanjutkan Dinas Pertanian, Dinas Pertambangan dan Energi serta Kesbangpol juga akan mengalami hal yang sama.

Dengan adanya pengurangan dan peleburan setiap perangkat kerja daerah akan berdampak juga kepada pendapatan asli daerah.

“Selama ini banyak SKPD yang kurang memberikan kontribusi nyata dalam program kerja mereka, maka dengan adanya peleburan ini diharapkan akan meningkatkan sumber PAD kita. Misalnya Dinas Pertanian, di dalamnya ada juga bidang peternakan. Sekarang akan dilebur menjadi dua bagian. Dengan demikian setiap SKPD akan bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura Ted Mokay mengaku sangat setuju terhada penggabungan beberapa SKPD.

Hal ini dinilainya dapat meringankan tugas dan fungsi pihaknya yang bekerja dengan banyak bidang, sebab akhir tahun nanti banyak program yang tidak berjalan.

“Jelas akan menyulitkan kita untuk membuat peloparannya. Untuk itu dengan adanya aturan baru yang ditetapkan ini dapat mengubah dan meringankan semua jenis pekerjaan yang tercerna dalam setiap program kerja disetiap perangkat kerja daerah,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sejumlah SKPD di Kabupaten Jayapura Bakal Disatukan