Di Kampung Toray, Dana Desa Bangun 8 Rumah Warga

share on:
Sekretaris Kampung Toray, Yance Mahuze. Jubi/Frans L Kobun
Sekretaris Kampung Toray, Yance Mahuze. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Masyarakat di Kampung Toray, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke yang berjumlah kurang lebih 100 kepala keluarga (KK), memanfaatkan dana desa untuk berbagai kegiatan pembangunan rumah warga, perbaikan jalan, biaya anak sekolah serta beberapa kegiatan lain yang dinilai bermanfaat.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kampung Toray, Yance Mahuze kepada Jubi Rabu (21/9/2016). Dijelaskan, total dana desa adalah sebesar Rp1 miliar, namun pencairan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama sebesar Rp 400 juta, telah ditransfer dan tinggal tahap kedua sebesar Rp 600 juta yang sedang dalam proses pengurusan administrasi.

“Kemungkinan minggu depan, sudah bisa dicairkan sekaligus dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pembangunan di kampung,” ujarnya.

Khusus dana Rp400 juta tahap pertama, jelas dia, dimanfaatkan membangun 8 unit rumah warga serta membuka jalan sepanjang 60 meter. Juga beberapa kegiatan penting lain sesuai kesepakatan bersama masyarakat setempat.

“Memang kalau dana tahap kedua dikucurkan nanti sebesar Rp600 juta, sedianya dimanfaatkan untuk pendidikan bagi anak-anak baik di jenjang SD, SMP maupun SMA serta perguruan tinggi. Selain itu, membayar honor guru yang selama ini hanya mengabdi tanpa diperhatikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke,” tuturnya.

Kegiatan lain yang akan dijalankan, disesuaikan dengan kesepakatan yang sudah dihasilkan bersama seluruh warga di Kampung Toray.

Kepala Distrik Elikobel, Fransiskus Kamijay mengaku, pihaknya ikut melakukan kontrol serta monitoring terhadap pemanfaatan dana desa di kampung-kampung. Secara umum, kegiatan infrastruktur maupun pemberdayaan ekonomi kerakyatan mulai jalan baik.

“Saya sudah mengingatkan kepada para kepala kampung agar selalu membangun komunikasi baik bersama masyarakat untuk memanfaatkan dana dimaksud. Karena nilainya sangat besar. Setiap dana yang digunakan, harus bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga tak menimbulkan persoalan dikemudian hari,” pintanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Kampung Toray, Dana Desa Bangun 8 Rumah Warga