Pembangunan tetap berjalan saat Pilkada berlangsung

share on:
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa'ad - Jubi Doc
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad – Jubi Doc

Jakarta, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua memastikan, pelaksanaan pembangunan di tanah Papua akan tetap berjalan meskipun 11 kabupaten/kota akan melaksanakan Pilkada serentak pada Februari 2017.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua Muhammad Musa’ad, mengatakan anggaran untuk Pilkada serentak gelombang kedua di 11 kabupaten/kota membutuhkan biaya sekitar Rp600 miliar lebih yang bersumber dari APBD.

“Apapun yang terjadi pada saat pesta politik berlangsung, pembangunan akan tetap berjalan. Tidak ada alasan karena pilkada pembangunan tidak berjalan, bahkan dengan adanya Pilkada akan terjadi perubahan-perubahan,” kata Musa’ad kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Musa’ad menilai, justru dengan adanya Pilkada akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan, salah satunya adalah adanya peningkatan pendapatan Perkapita masyarakat, sebab uang akan banyak langsung ke masyarakat.

“Dengan adanya dana segar yang diterima masyarakat saat Pilkada dari calon bupati, justru dapat menekan angka kemiskinan. Jadi saya kira Pilkada tidak akan menghambat pembangunan,” ujarnya.

Meskipun demikian, Musa’ad tetap mengingatkan pemerintah kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak untuk dapat mengantisipasi hal tersebut terutama masalah keamanan, sebab pembangunan membutuhkan keamanan.

“Dari awal pak gubernur sudah berapa kali melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dengan tujuan supaya pilkada dapat berjalan dengan baik, aman dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan,” kata Musa’ad.

Menanggapi itu, dirinya sangat berharap mulai proses persiapan Pilkada sampai dengan akhir pelaksanaan tidak menimbulkan eksistensi yang mengganggu proses pembangunan.

“Jadi kita tetap berprasangka baik, Pilkada juga akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan, bukan menghambat pembangunan,” tutupnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembangunan tetap berjalan saat Pilkada berlangsung