Polresta Jayapura Turunkan 200 Personil Amankan KPUD Kota Jayapura

share on:
pilkada serentak 2017 - Jubi/IST
pilkada serentak 2017 – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Kepolisian Resort Jayapura Kota akan menurunkan sedikitnya 200 personil untuk mengamankan hari pertama pendaftaran bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Jayapura di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Rabu (21/9/2016).

Kapolres Jayapura Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Marison Tober Sirait mengatakan, pihaknya akan mengamankan jalan proses pendaftaran di KPUD Kota Jayapura sejak hari pertama hingga penutupan pendaftaran.

“Kami akan menurunkan 200 personil dari Polres Jayapura untuk pengamanan di KPUD Kota Jayapura selama pendaftaran pasangan bakal calon,” kata Marison Tober Sirait kepada Jubi via pesan singkatnya.

Pendaftaran Pilkada serentak se Indonesia akan dibuka, Rabu, 21 September 2016. Pendaftaran berlangsung selama tiga hari, 23 September 2016. Menjelang pendaftaran pasangan bakal calon ke KPUD, situasi Kota Jayapura kondusif.

“Belum terlihat akan adanya gangguan keamanan. Namun kami tetap siaga. Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kami,” ujarnya.

Hingga kini ada tiga pasangan bakal calon yang disebut-sebut akan ambil bagian dalam Pilkada Kota Jayapura mendatang. Mereka adalah bakal calon wali kota incumbent, Benhur Tomi Mano yang berpasangan dengan H. Rustam Saru (BTM-HaRUS), legislator Papua, Boy Markus Dawir-Nur Alam (BMD-Alam) dan legislator Kota Jayapura, Abisai Rollo-Dipo Wibowo.
Pasangan BTM-HaRUS sendiri menyatakan akan mendaftarkan diri ke KPUD setempat pada hari pertama pendaftaran.

Sementara pihak Panwaslu Kota Jayapura mengingatkan KPUD setempat melaksanakan proses pendaftaran sesuai undang-undang yang berlaku. Panwaslu khawatir dengan peraturan KPU yang selalu berubah-ubah membuat KPUD Kota Jayapura belum memahami petunjuk teknis (juknis).

“Yang harus menjadi perhatian adalah syarat pencalonan dan surat persetujuan dari DPP partai pendukung,” kata anggota Panwaslu Kota Jayapura, Yakobus Murafer ketika bertandang ke kantor redaksi Jubi.

Katanya ada tiga syarat mutlak yang harus dipenuhi pasangan kandidat. Syarat itu yakni memperoleh dukungan 20 atau 25 persen suara sah parpol di DPRD, diajukan oleh pengurus parpol yang sah sesuai tingkatannya dan melampirkan persetujuan dari DPPP masing-masing partai pendukung. (*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polresta Jayapura Turunkan 200 Personil Amankan KPUD Kota Jayapura