Jembatan Rp 2 Miliar di Kota Jayapura Segera Dibangun

share on:

Ilustrasi kemacetan di Kota Jayapura. Jembatan di yang dibangun sekitar Bank Papua dan Pasar Ampera oleh Dinas PU Kota Jayapura sekiranya memudahkan akses jalur Jalan Percetakan dan Jalan Ahmad Yani yang kerap macet – Jubi/IST
Ilustrasi kemacetan di Kota Jayapura. Jembatan di yang dibangun sekitar Bank Papua dan Pasar Ampera oleh Dinas PU Kota Jayapura sekiranya memudahkan akses jalur Jalan Percetakan dan Jalan Ahmad Yani yang kerap macet – Jubi/IST
Jayapura Jubi – Jembatan sekitar Pasar Ampera dan Bank Papua atau menuju Taman Lembah Anafri, Kota Jayapura segera dibangun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura Nofdi Rampi mengatakan tahun ini jembatan itu segera dibangun dengan bentangan sepanjang 16 meter.

“Sementara untuk penanganan jembatan itu didanai dari dana DAK (dana lokasi khusus) tahun anggaran 2016 dengan menelan biaya hampir Rp 2 miliar,” katanya di Kota Jayapura, Rabu (21/9/2016).

Menurut dia program itu sebetulnya sudah lama direncanakan. Beberapa titik diusulkan sejak tahun 2009 dan baru direalisasi melalui tahun anggaran 2016.

Jembatan ini berfungsi mengakses kawasan eks pasar Ampera menuju taman Lembah Anafri. Selain itu jembatanini dibangun untuk mengakomodir kemacetan di sekitar Jalan Percetakan dan Ahmad Yani.

“Jadi, kemungkinan beberapa kendaraan yang memerlukan parkiran sementara bisa dialihkan ke taman Lembah Anafri,” katanya.

“Ketika akses jalan itu bisa, ada dua arah masuk dari sebelum Gereja Pantekosta turunan dari Gereja Kalam Kudus dan bisa keluar ke kota melalui jembatan itu,” lanjutnya.

Ia mengatakan pihaknya membangun jembatan tersebut untuk melayani berapa kebuntuan arus lalu lintas yang melewati Jalan Ahmad Yani.

Dengan demikian, ketika terjadi kemacetan parah kendaraan harus memutar balik dari Jalan Ahmad Yani melewati beberapa ruas jalan seperti Jalan Percetakan hingga ruas jalan menuju pelabuhan Jayapura dan SMA Kalam Kudus.

Warga Kota Jayapura Mama Mina mengaku senang terhadap pembangunan jembatan ini.

Mina mengatakan jembatan yang bakal dibangun ini dapat memberikan kemudahan untuk menjangkau kawasan sekitar Bank Papua dan Pasar Ampera.

“Kami bisa melalui jembatan ini untuk membawa jualan setiap hari untuk dijual,” kata Mama Mina. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jembatan Rp 2 Miliar di Kota Jayapura Segera Dibangun