Kontingen Papua Raih Medali Pertama Drumband

share on:
Drumband Papua saat beraksi di PON Jabar-Jubi/Ist
Drumband Papua saat beraksi di PON Jabar-Jubi/Ist

Bogor, Jubi- Kontingen Papua akhirnya meraih medali pertamanya pada Cabang Drumband Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/9/2016).

Papua berhasil mendapatkan medali perunggu untuk nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) campuran jarak 800 meter.

Pada nomor LBJP campuran 800 meter, Papua dan tiga provinsi lainnya yakni Sumatera Utara, Jambi, dan Aceh berhasil masuk final mengalahkan kontingen Jawa Barat dan Banten yang lebih dulu meraub banyak medali.

Perjuangan keras anak Bumi Cendrawasih terbayarkan, Papu yang bersaing di final melawan Jambi, mampu unggul hingga meraih medali perunggu.

“Puji Tuhan, kami patut bersyukur, perjuangan keras anak-anak berlatih membuahkan hasil, ini medali pertama untuk Papua di cabang drumband,” kata Herlina Sineri, Guru Pendamping Kontingen Drumband Papua.

Herlina didatangkan khusus oleh KONI Jaya Pura untuk mendampingi kontingen Drumband Papua. Karena dari 22 atlet yang ikut, sebanyak 10 orang merupakan siswa SMA Negeri 4 Jaya Pura.

“Saya khusus ditugaskan KONI untuk mendampingi anak-anak, karena 10 dari atlet drumband ini merupakan siswa saya di sekolah,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ini.

Ia hadir untuk memberikan semangat kepada atlet drumband agar terus berjuang meraih prestasi pada cabang lomba drumband.

“Saya ini sudah dua kali batal pulang ke Papua, karena saya melihat ada semangat dari anak-anak untuk bisa meraih medali,” katanya.

Sehari sebelum final LBJP campuran jarak 800 meter, Herlina datang dari Bandung untuk memenuhi permintaan atlet drumband yang membutuhkan dukungan darinya.

“Mereka membutuhkan kehadiran saya, jadi tadi malam saya berikan semangat, kami berdoa bersama-sama, agar perjuangan atlet-atlet drumband membuahkan hasil,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Atlet drumband Papua memiliki pengalaman tampil di tingkat lokal di Ibu Kota Provinsi Jaya Pura. Pengalaman tersebut menjadi modal bagi putra-putri daerah yang telah melalui seleksi panjang untuk ikut pada PON XIX.

“Ini merupakan pertama kalinya atlet drumband Papua mengikuti pertandingan PON,” katanya.

Cabang olahraga Drumband diikuti delapan provinsi yakni Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, D.I Yogyakarta, dan Papua.

Delapan medali telah diraih sejumlah provinsi tersisa dua medali. Tertinggal hanya Jambi yang belum meraih medali.(*)

Editor : dominggus
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kontingen Papua Raih Medali Pertama Drumband